5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0%

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0%

Techno.id - Baterai menjadi salah satu aspek penting bagi karena menjadi sumber daya untuk menjalankan ponsel pintar. Salah satu aspek kritis dari smartphone adalah daya tahan baterainya.

Banyak orang mungkin terbiasa untuk menggunakan ponsel mereka hingga baterai benar-benar habis sebelum diisi ulang. Namun, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kesehatan baterai menjadi menurun bahkan mengalami kerusakan. Berikut Techno.id memberikan 5 alasan mengapa kamu sebaiknya tidak menghabiskan baterai ponsel hingga 0%, Rabu (27/12).

1. Umur baterai yang menurun

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0% foto: freepik/storyset

Baterai ponsel modern umumnya menggunakan teknologi lithium-ion atau lithium-polymer. Menghabiskan baterai hingga 0% dapat menyebabkan stres pada sel-sel baterai, yang pada gilirannya dapat mempersingkat umur baterai secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan baterai di tingkat muatan sekitar 20-80% dapat memperpanjang masa pakai baterai.

2. Over-discharging yang berisiko

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0% foto: freepik/rawpixel.com

Pada saat baterai mencapai 0%, ada risiko over-discharging, yaitu kondisi di mana baterai terus ditarik dayanya meskipun sudah mencapai batas minimum. Ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai dan mengakibatkan penurunan kapasitas daya yang signifikan.

3. Kehilangan kalibrasi

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0% foto: freepik/storyset

Baterai ponsel perlu diatur ulang atau dikalibrasi secara berkala agar dapat memberikan informasi yang akurat tentang tingkat daya tersisa. Menghabiskan baterai hingga 0% dapat menyebabkan kehilangan kalibrasi, yang mengakibatkan ketidakakuratan dalam menampilkan persentase daya yang tersisa.

4. Potensi kerusakan perangkat

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0% foto: freepik/bublikhaus

Beberapa perangkat mungkin mati secara otomatis saat baterai mencapai tingkat kritis untuk melindungi komponen internal. Membiarkan perangkat mati secara tiba-tiba karena kehabisan daya dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi atau bahkan hardware.

5. Hilangnya data yang tidak disimpan

5 Alasan penting mengapa kamu tidak boleh menghabiskan baterai ponsel sampai 0% foto: freepik/storyset

Menggunakan ponsel hingga baterai benar-benar mati tanpa menyimpan data yang penting dapat menyebabkan kehilangan informasi yang belum disimpan. Pada saat baterai mencapai 0%, ponsel dapat mati secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan, meninggalkan pengguna tanpa kesempatan untuk menyimpan pekerjaan atau data penting.

Untuk memastikan daya tahan baterai ponsel dan memaksimalkan umur baterai, sebaiknya hindari kebiasaan menghabiskan baterai hingga 0%. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengisi daya perangkat kamu saat tingkat daya mencapai sekitar 20-30%, dan hindari mengisi daya hingga 100% jika tidak diperlukan. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar perawatan baterai, kamu dapat menjaga kesehatan baterai ponsel dan memaksimalkan kinerja perangkat dalam jangka panjang.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)