16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

16 Tips dan trik agar smartphone tidak cepat panas

12.Aktifkan pembaruan otomatis

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

Aplikasi pembaruan otomatis memastikan bahwa bug dalam aplikasi telah diperbaiki. Jika sebuah aplikasi terus-menerus menutup telepon, aplikasi tersebut mungkin perlu segera diperbarui agar dapat digunakan kembali. Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi sistem. Tetap mengaktifkan pembaruan otomatis memastikan kamu mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaik untuk ponsel kamu.

13. Lakukan pemindaian anti virus secara berkala

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/fellownekocat

Pemindaian anti-virus memastikan bahwa ponsel kamu tidak menginstal malware. Ini mematikan semua aplikasi mencurigakan yang berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya.

14. Ubah kebiasaan mengisi daya

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/feepikcontributorthailand

Kamu perlu membiasakan mengisi daya ponsel dengan persentase yang teratur. Secara optimal, disarankan kamu langsung colokan pengisi daya setelah baterai mencapai 30-20%. Jangan pernah mengisinya penuh sampai 100%, ini sangat buruk untuk kesehatan baterai. Hindari juga praktik yang sangat tidak sehat dengan menguras baterai sepenuhnya dan membuatnya penuh kembali. Ponsel kamu perlu menyesuaikan kebiasaan pengisian daya.

15. Jangan tinggalkan ponsel di bawah bantal

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik

Pengisian daya menghasilkan panas. Nah panas tersebut harus dilepaskan ke lingkungan sekitar. Ketika mengisi daya, hindari meletakkan ponsel di bawah bantal karena akan membuat panas terperangkap. Selain itu, bahan penghangat di bantal akan memperkuat panas.

Selalu pastikan kamu mengisi daya ponsel di permukaan yang sejuk dan rata seperti meja, kayu, kaca, dan lain sebagainya. Jangan tinggalkan ponsel di atas karpet, bantal, atau sofa.

16. Jangan terlalu sering menggunakan pengisi daya nirkabel

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/dbenitostock

Pengisian daya nirkabel bukanlah metode pengisian daya yang sangat efisien. Ponsel menjadi lebih panas selama pengisian daya nirkabel. Baterai tidak dapat sepenuhnya mengubah semua daya pengisian yang dialirkan pad (bantalan). Inilah sebabnya mengapa ponsel akan selalu mengisi daya lebih lambat pada pengisi daya nirkabel daripada kabel. Selain itu, semakin tinggi kenaikan suhu pada baterai, semakin lambat pengisian dayanya.

(brl/red)