5 Website untuk mencari referensi jurnal ilmiah gratis

5 Website untuk mencari referensi jurnal ilmiah gratis

Website Jurnal Ilmiah

3. Sinta (Science and Technology Index)

5 Website untuk mencari referensi jurnal ilmiah gratis foto: sinta.kemdikbud.go.id

Sinta (Science and Technology Index) adalah indeks jurnal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang menampilkan hampir 6000 jurnal nasional yang dapat dijadikan referensi juga dalam mencari kondisi penelitian dalam negeri.

Sinta memberikan peringkat jurnal berdasarkan Impact, H5-Index, H-Index, Citations (5-years), dan Total Citations. Pengguna dapat mengurutkan jurnal berdasarkan kriteria tersebut untuk menemukan jurnal yang sesuai dengan bidangnya. Setelah menemukan jurnal yang cocok, pengguna dapat mengakses artikelnya dengan meng-klik judul jurnal atau menjadikan peringkat ini acuan ketika mencari artikelnya melalui Garuda.

4. Garuda (Garba Rujukan Digital)

5 Website untuk mencari referensi jurnal ilmiah gratis garuda.kemdikbud.go.id

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal yang memungkinkan pengguna untuk langsung mencari artikel jurnal ilmiah nasional sesuai dengan bidang yang diinginkan. Garuda merupakan inisiatif dari komunitas keilmuan Institute of Advanced Engineering and Science (IAES), khususnya IAES Indonesia Section.

Garuda dirancang The Indonesian Publication Index (IPI) pada tahun 2012. Saat ini, Garuda memiliki lebih dari satu juta artikel dan hampir sepuluh ribu jurnal yang terindeks oleh Garuda. Untuk mencari artikel jurnal yang dibutuhkan, pengguna bisa langsung mengetik topik yang dibutuhkan ke dalam kotak pencarian, dan hasilnya akan langsung tertera.

5. Onesearch.id

5 Website untuk mencari referensi jurnal ilmiah gratis onesearch.id

Onesearch.id adalah portal pencarian tunggal untuk menelusuri koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Onesearch.id juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.

Saat ini, Onesearch.id sudah bermitra dengan hampir dua ribu institusi, dua ribu perpustakaan, dan hampir delapan ribu repositori, dimana terdapat berbagai sumber referensi ilmiah berupa buku, tesis, jurnal, peer review, dokumen file yang dapat diakses secara bebas oleh pengunjung.

(brl/red)