7 Cara meningkatkan keamanan perangkat Windows, jangan download software bajakan

7 Cara meningkatkan keamanan perangkat Windows, jangan download software bajakan

Techno.id - Saat ini, digitalisasi adalah sebuah keniscayaan. Perkembangan teknologi pun telah mempermudah berbagai aktivitas manusia. Namun di tengah kemajuan teknologi tersebut, muncul kekhawatiran terkait keamanan data.

Bukan rahasia lagi jika di tengah kemajuan teknologi digital, juga semakin marak kejahatan-kejahatan jenis baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kejahatan siber saat ini mengintai siapa saja para pengguna internet.

Tidak hanya itu, serangan virus ataupun malware di perangkat maupun sistem komputer pun mampu membuat perusahaan besar tumbang. Nah sebelum berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya kita melakukan tindakan preventif seperti meningkatkan sistem keamanan pada perangkat komputer. Techno.id pun sudah merangkum cara meningkatkan keamanan Windows.

1. Selalu aktifkan firewall

7 Cara meningkatkan keamanan perangkat Windows, jangan download software bajakan foto: freepik.com/rawpixel.com

Firewall diibaratkan sebagai dinding pelindung dari malware yang ingin merusak komputer kamu. Pada setiap perangkat Windows, Firewall sudah diaktifkan secara otomatis. Pengguna tidak perlu untuk mendowload atau mengaktifkannya lagi. Namun perlu diingat, sebaiknya pengguna jangan sekali-kali menonaktifkan Firewall di perangkat Windows sebagai tindakan preventif.

2. Update semua software

7 Cara meningkatkan keamanan perangkat Windows, jangan download software bajakan foto: freepik.com/rawpixel.com

Jangan pernah lupa untuk meng-update software di perangkat Windows kamu. Software dengan versi paling mutakhir biasanya mempunyai built in feature yang dapat meningkatkan keamanan. Umumnya, software resmi seperti Windows memberikan notifikasi update terhadap fiturnya karena melihat ada celah yang bisa dimasuki serangan virus pada platform lama. Karena itu ketika Windows memberikan notifikasi update, segera lakukan.

3. Gunakan antivirus dan terus upgrade ke versi terbaru

7 Cara meningkatkan keamanan perangkat Windows, jangan download software bajakan foto: freepik.com/biancoblue

Jika masih terus memakai versi lama, tidak menutup kemungkinan software tersebut tidak kebal terhadap jenis malware baru. Maka sangat disarankan untuk terus meng-upgrade software antivirus di perangkat ke versi yang terbaru.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)