5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

Kelebihan iPhone jailbreak.

5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

foto: Pexels.com

1. Akses ke aplikasi dan tweak yang tidak tersedia melalui App Store resmi.

Jailbreak memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dan tweak yang tidak tersedia melalui App Store resmi.

2. Kemampuan untuk mengubah tampilan dan menambahkan fitur.

Jailbreak memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan perangkat mereka dan menambahkan fitur yang tidak tersedia secara default.

3. Fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar.

Jailbreak memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol yang lebih besar dan fleksibilitas pada perangkat mereka, seperti mengubah pengaturan sistem dan memodifikasi bagian perangkat yang tidak dapat diubah melalui pengaturan resmi.

4. Kompatibilitas dengan perangkat lain.

Jailbreak memungkinkan pengguna untuk membuat perangkat mereka kompatibel dengan perangkat lain yang tidak didukung oleh sistem operasi iPhone.

5. Kebebasan.

Jailbreak memungkinkan pengguna untuk bebas dari keterbatasan yang diberikan oleh sistem operasi iPhone, sehingga mereka dapat menggunakan perangkat mereka sesuai dengan keinginan mereka.

Bahaya iPhone jailbreak.

5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

foto: Pexels.com

1. Keamanan.

Melakukan jailbreak bisa membuat iPhone menjadi lebih rentan terhadap serangan dan ancaman keamanan seperti malware dan virus. Alhasil data dari pengguna bisa saja terbobol, dan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tentu hal ini sangatlah merugikan.

2. Garansi

Melakukan jailbreak dapat membatalkan garansi dari Apple. Dengan demikian apabila terjadi masalah dengan perangkat iPhone hasil jailbreak, pengguna tidak dapat mengandalkan layanan dukungan dari Apple.

3. Stabilitas

Setelah melakukan jailbreak, beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi secara baik atau bahkan membuat iPhone menjadi tak stabil. Artinya perangkat dimungkinkan mengalami lag hingga error saat digunakan. Tentu hal ini akan mengganggu kinerja dari pemakaian iPhone.

4. Kompatibilitas

Beberapa aplikasi tidak dapat diinstal pada perangkat yang sudah mengalami jailbreak. Artinya aktivitas modifikasi akan menghalangi kompatibilitas perangkat dengan versi terbaru dari iOS.

5. Update iOS

Pembaruan iOS mungkin tidak dapat dilakukan pada perangkat yang sudah mengalami jailbreak. Akibatnya sistem akan membatasi ketersediaan fitur dan peningkatan keamanan.

6. Risiko legal

Melakukan jailbreak pada perangkat iPhone dapat dikategorikan sebagai tindakan melanggar hak cipta dan melanggar hukum. Di beberapa negara mungkin jailbreak menjadi hal ilegal. Akibatnya seorang yang melakukan jailbreaking bisa mendapatkan hukuman pidana sesuai peraturan berlaku.

7. Kerusakan perangkat

Proses jailbreak sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Akibatnya pengguna memerlukan perbaikan atau bahkan membutuhkan pembelian perangkat baru. Melakukan jailbreaking tentu cukup berisiko tinggi untuk perangkat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan risiko dari penggunaan iPhone Jailbreak. Bagi kamu pengguna iPhone tentu perlu berpikir lebih jauh dan mendalam untuk melakukan jailbreaking. Jangan sampai aktivitas memodifikasi tersebut menjadi blunder yang mengakibatkan kerugian.

(brl/guf)