Cara simpel reset RAM di ponsel iPhone, nggak perlu tutup recents aplikasi

Cara simpel reset RAM di ponsel iPhone, nggak perlu tutup recents aplikasi

Techno.id - Random Access Memory atau lebih dikenal sebagai RAM, merupakan komponen hardware yang diperlukan untuk berbagai macam gadget. Fungsi dari RAM adalah menyimpan data sementara di perangkat. Selain itu, RAM juga berfungsi untuk mempercepat perputaran data di dalam perangkat. Semakin besar kapasitas RAM, maka laju performa perangkat akan lebih cepat.

Hampir semua gadget yang digunakan orang saat ini memakai teknologi RAM, tak terkecuali perangkat iPhone. Ponsel pintar buatan Apple ini mempunyai berbagai keunggulan, baik itu di sektor hardware, performa, hingga kamera. Bahkan iPhone menjadi ponsel biasa yang mampu menunjang berbagai game berat tanpa adanya lag berarti.

Namun bagi kamu pengguna iPhone, pernah nggak sih RAM tiba-tiba penuh? Jika iya, pasti kamu bakal melakukan reset RAM agar kapasitas kembali tersedia, sehingga perangkat bisa digunakan. Tetapi langkah apa yang biasa kamu lakukan untuk mereset RAM? Dengan menutup recents aplikasi?

Perlu kamu ketahui, ya sobat tecnho, menutup recents aplikasi ternyata tidak memberikan dampak positif di aspek RAM iPhone. Malah menutup berbagai aplikasi terbuka membuat baterai ponsel semakin boros, karena pengguna perlu memulai aplikasi dari awal.

Lantas bagaimana cara melakukan reset RAM secara benar di ponsel iPhone? Berikut techno.id berikan cara simple reset RAM di ponsel iPhone, pada Kamis (26/1).

Cara reset RAM di ponsel iPhone.

Cara simpel reset RAM di ponsel iPhone, nggak perlu tutup recents aplikasi

foto: Pexels.com

1. Silakan buka menu pengaturan perangkat iPhone, dan masuk ke menu settingan touch, kemudian aktifkan Assistive Touch dengan menggeser toggle yang telah disediakan.
2. Kemudian tekan "Volume atas", "Volume bawah", dan "Tombol power".
3. Setelah itu tekan tombol AssistiveTouch.
4. Tekan tahan tombol "Home" di dalam AssistiveTouch.
5. Masukkan password perangkat yang telah kamu atur.
6. Viola, RAM kamu berhasil di-reset dan memiliki cukup ruang, tanpa menutup recents aplikasi.

Itulah beberapa langkah untuk melakukan reset RAM di iPhone tanpa menutup recents aplikasi. Bagaimana sobat techno, cukup mudah bukan? Selamat mencoba!


(brl/guf)