5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

5 Kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, ini pengertian dan risikonya

Techno.id - Apakah kamu pernah mendengar tentang iPhone Jailbreak? Seperti namanya, jailbreak atau jailbreaking adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple selaku developer dalam perangkat iPhone. Dengan melakukan jailbreak, pengguna bisa mengaktifkan beberapa fitur yang sebelumnya dibatasi oleh Apple, seperti memasang tema, memasang aplikasi yang tidak ada di App Store, memasang tweak dan masih banyak lagi.

Aktivitas jailbreaking ini bisa disebut dengan modifikasi dalam sistem operasi iOS. Seperti diketahui, iOS merupakan sistem operasi resmi dari Apple untuk perangkat iPhone. Secara lebih luas, jailbreaking sama dengan rooting di HP Android. Namun perbedaannya jailbreaking masih memiliki beberapa batasan. Sedangkan untuk rooting Android, source dapat diakses secara penuh.

Sebagai informasi, Apple telah memberikan berbagai batasan agar tidak dapat diakses oleh pengguna. Tentu alasan utama dari pembatasan ini adalah keamanan. Pembatasan biasanya dilakukan dengan bentuk tidak dapat menginstal aplikasi di lari dari App Store.

Namun berkat aktivitas jailbreak yang dilakukan ke dalam iPhone, pengguna bisa mendapat kontrol penuh atas iOS, agar pengguna memungkinkan memasang perangkat lunak atau aplikasi dari berbagai sumber. Bahkan tampilan interface bisa diutak-atik sesuai keinginan berkat jailbreaking.

Lantas bagaimana kelebihan dan kekurangannya? Berikut techno.id sajikan 5 kelebihan dan bahaya menggunakan iPhone Jailbreak, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (6/2).


(brl/guf)