Hari ini, Menkominfo pimpin apel kesiapan jaringan sambut Lebaran

Hari ini, Menkominfo pimpin apel kesiapan jaringan sambut Lebaran

Techno.id - Berbeda dari tahun sebelumnya, apel kesiapan jaringan seluler dan penyiaran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri diadakan hari ini atau tepat setelah seminggu puasa dilaksanakan. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang langsung memimpin apel tersebut pada pukul 13.30 tadi, percepatan apel akan memudahkan operator seluler dan penyedia jaringan penyiaran untuk bersiap menghadapi lonjakan penggunaan data baik suara, pesan, maupun internet yang biasa terjadi menjelang atau saat Lebaran.

Seperti dikutip dari Antara (24/6/15), pada apel yang dihadiri oleh perwakilan operator dan jaringan seluler serta lembaga dan organisasi penyiaran tersebut, Rudiantara juga menegaskan percepatan apel akan memudahkan semua pihak dalam menyediakan kualitas pelayanan jaringan agar para pemudik tidak mengalami gangguan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi via internet. Chief RA, sapaan akrab Menkominfo pun menambahkan kesiapan jaringan penyiaran lebih dini seperti sekarang akan memudahkan lembaga penyiaran seperti TVRI, RRI, dan lembaga penyiaran lainnya dalam memberikan informasi seputar Lebaran.

Dalam kesempatan itu pula, Menkominfo juga memberangkatkan para penguji "drive test" dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang akan melaksanakan uji petik di sepanjang jalur para pemudik. Drive test tersebut nantinya akan memastikan apakah kualitas jaringan seluler di rute tersebut benar-benar telah siap. Termasuk diantaranya di jalan bebas hambatan baru seperti tol Cipali.

Selain memberangkatkan para penguji drive test, Menkominfo juga memberangkatkan para penguji stationery test yang akan menguji kualitas pelayanan di tempat-tempat keramaian seperti stasiun, bandara, dan pelabuhan.

"Mudah-mudahan kita disektor TIK termasuk lembaga penyiaran bisa melayani masyarakat yang mudik di tahun 2015 ini," tutup Rudiantara.

(brl/red)