XL bawa 18 BTS ke Tol Gempol-Pandaan untuk perkuat sinyal saat mudik

XL bawa 18 BTS ke Tol Gempol-Pandaan untuk perkuat sinyal saat mudik

Techno.id - Selama masa mudik lebaran ini, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan 18 Base Transceiver Station (BTS) di sepanjang jalan Tol Gempol-Pandaan untuk meningkatkan infrastruktur layanannya. Mereka tak ingin saat mudik tiba, jaringan telekomunikasinya mengalami kendala.

"Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6 Kilometer tersebut, kami menempatkan BTS itu untuk memastikan layanan XL mampu terakses bagi siapa saja yang melintas dan masyarakat yang berada di sekitarnya," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan di Surabaya, seperti yang dikutip dari AntaraNews (22/6/15).

Hal ini juga dimaksudkan agar nantinya ketika jalan Tol tersebut mengalami macet maka jaringan XL bisa digunakan dengan baik dan tidak lelet. Selain itu, infrastruktur ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya-Malang.

"Upaya kami ini juga mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri 1436 Hijriah. Kami telah mempersiapkan secara maksimal jaringan yang ada, baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya, antara lain dengan menguji kesiapannya," ujarnya.

Bahkan, untuk menciptakan jaringan yang stabil, pihak XL telah melakukan uji jaringan menggunakan alat ukur (TEMS) dan tools-komputer (Map Info). XL melakukan pengujian kekuatan sinyal, kualitas jaringan, dan kualitas layanan menggunakan kendaraan yang bergerak, baik bus ataupun kereta api.

(brl/red)