Ponsel cerdas kamu tidak dapat diisi dayanya? Begini trik mudah untuk memperbaikinya

Ponsel cerdas kamu tidak dapat diisi dayanya? Begini trik mudah untuk memperbaikinya

Techno.id - Jika iPhone atau ponsel Android kamu tidak dapat mengisi daya saat kamu mencolokkannya ke sumber listrik, ada solusi DIY yang mudah. Saat kamu menghubungkan kabel pengisi daya ke iPhone atau ponsel Android dan tidak dapat terisi dayanya, mungkin banyak dari kamu yang langsung panik.

Ada banyak alasan mengapa perangkat tidak bisa mengisi daya. Mulai dari port pengisian daya yang rusak atau berkarat hingga kabel daya yang rusak. Nah tidak semua kerusakan dapat diperbaiki sendiri. Namun sebelum membawa ke layanan service, ada baiknya kamu periksa dengan teliti penyebabnya.

Alasan umum untuk pengisian daya yang salah hanyalah karena port pengisian daya tersumbat kotoran. Masalah umum ini dapat terjadi pada port pengisian daya apa pun baik itu Lightning di iPhone 14 Pro atau iPhone lama, atau USB-C di iPhone 15 Pro dan ponsel Android yang lebih baru seperti Samsung Galaxy S24 Ultra. Untungnya, ini adalah salah satu masalah pengisian daya yang paling sederhana dan termurah untuk diperbaiki. Begini caranya.

Port pengisian daya kotor

Ponsel cerdas kamu tidak dapat diisi dayanya? Begini trik mudah untuk memperbaikinya foto: freepik/igorbastrakov

Umumnya port pengisian daya tidak memiliki penutup sehingga mudah kemasukan debu atau kotoran. Setiap kali kamu memasukkan ponsel ke dalam saku, ponsel rentan terhadap bulu dari celana atau kotoran yang ada di dalam saku.

Potongan-potongan kecil debu dan bulu halus itu akan menumpuk selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Jadi Ketika setiap kali kamu mencolokkan kabel pengisi daya, bukan tidak mungkin kotoran tersebut membentuk penghalang padat yang menghentikan pengisi daya.

Jika kamu telah menggunakan ponsel selama lebih dari enam bulan dan kamu secara bertahap menemukan pengisi daya menjadi semakin tidak stabil, terutama jika kamu harus menggoyangkannya untuk mulai mengisi daya, kemungkinan besar kotoran di port adalah biang keladinya.

Cara membersihkan port pengisian daya ponsel

Ponsel cerdas kamu tidak dapat diisi dayanya? Begini trik mudah untuk memperbaikinya foto: freepik/goodmood-studio

Ini adalah tugas sederhana untuk membuka sumbatan port ponsel. Kamu memerlukan tusuk gigi atau benda tipis lainnya yang dapat kamu tusuk ke port untuk mengikis kotorannya.

Kayu atau plastik lebih baik karena kecil kemungkinannya untuk mengikis apa pun di dalamnya dan berpotensi menyebabkan kerusakan. Lakukan dengan lembut.

Dengan port Lightning iPhone yang lebih lama, kamu dapat mengikis bolak-balik, tetapi dengan USB-C kamu harus mengikis di sekitar konektor pengisi daya, yang berada di tengah port.

Pada akhirnya kamu akan mulai menghilangkan kotoran yang ada di dalam port pengisian daya. Kerjakan juga bagian samping port dengan hati-hati, tetapi berhati-hatilah agar tidak menggores keras salah satu konektor pengisi daya logam.

Pastikan kamu menyingkirkan semua kotoran dari dalam port. Setelah kamu mengeluarkan banyak kotoran, kamu dapat mencoba kabel pengisi daya lagi.

(brl/red)