Indosat tak mau paksakan 4G hadir di jalur mudik

Indosat tak mau paksakan 4G hadir di jalur mudik

Techno.id - Momen besar seperti bulan Ramadan dan Lebaran biasanya dimanfaatkan operator telekomunikasi dengan menyediakan kualitas terbaik dan teknologi terbaru, termasuk 4G LTE. Akan tetapi, Indosat memandang tak perlu memaksakan diri menyediakan akses 4G LTE di momen besar tahunan tersebut.

"Buat kami 4G belum perlu di jalur mudik, belum untuk tahun ini. Mungkin baru tahun depan baru kelihatan kebutuhannya 4G di jalur mudik," ungkap Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat, di sela acara Network Drive Test Indosat di Tegal yang juga diikuti Techno.id.

Sampai sekarang, layanan berbasis 4G dari Indosat baru hadir secara terbatas di empat kota besar. Selain Jakarta, layanan 4G Indosat sudah disediakan di Bandung, Yogyakarta dan Bali dengan cakupan yang belum begitu luas.

Salah satu operator seluler terbesar di Indonesia tersebut belum mau memaksakan karena spektrum yang sudah diizinkan masih terbatas di jaringan 900 Mhz. Joko berkilah kebijakan perusahaan terkait penyediaan layanan 4G akan berubah begitu pemerintah telah memberi izin komersialiasi layanan internet cepat itu di frekuensi 1800 Mhz.

Anak usaha Ooredoo Group ini menyatakan telah mempunyai roadmap komersialiasi 4G di 1800 Mhz di sejumlah kota besar Indonesia pada tahun ini. Akan tetapi, Joko masih belum mau membeberkan secara terperinci dikarenakan menyangkut strategi operator dalam memasarkan layanan tersebut.

Ia hanya memberikan gambaran layanan 4G dari Indosat bakalan segera dibuka bagi pelanggan yang berada di kota berkategori first tier city. Kota-kota yang telah dimodernisasi jaringannya oleh Indosat menjadi acuan dalam melihat kota mana saja yang bakalan segera kebagian layanan 4G.

Tercatat setidaknya terdapat 13 kota tier satu yang sudah dimodernisasi jaringannya oleh Indosat sejak tahun lalu. Misalnya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Lombok, Banjarmasin, dan Balikpapan.

"Kami tidak bisa sebutkan di mana dan berapa jumlah kota yang akan dibuka layanan LTE di sepanjang tahun ini. Tapi ketiga belas kota yang sudah kita modernisasi memang memiliki trafik layanan yang tinggi dan potensial untuk gelar layanan 4G," tegas Joko.

(brl/red)