Perilaku pengguna internet yang manfaatkan properti Google berubah

Perilaku pengguna internet yang manfaatkan properti Google berubah

Techno.id - Bukan rahasia lagi bila Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. Maka tak mengejutkan jika datangnya bulan suci Ramadan ternyata membuat gaya hidup masyarakat di Indonesia berubah, terutama soal mengakses internet.

Berdasarkan data yang diungkap Henky Prihatna dari Indonesia Country Counsultant of Google, penggunaan internet di tengah masyarakat Indonesia mengalami pergeseran ke waktu menjelang sahur. Namun, secara umum peningkatan penggunaan internet terjadi sebesar 30 persen.

"Penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia meningkat secara signifikan hingga 153 persen di waktu menjelang sahur. Sedangkan di siang hari tetap ada peningkatan tapi tidak besar, hanya sebesar 12 persen," jelas Henky kepada Techno.id di acara peluncuran ajang Lebaran Belanja Online 2015.

Lebih spesifik, Henky menyebutkan penggunaan internet juga berimbas pada peningkatan transaksi belanja online. "Untuk pantauan Google terhadap e-commerce sendiri, transaksi pada bulan Ramadan ini meningkat hingga 96 persen dibandingkan hari biasanya. Untuk revenue bagi e-commerce sendiri terpantau meningkat hingga 84 persen," jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan kenaikan transaksi online sudah terasa sejak seminggu sebelum Ramadan dimulai. Henky pun menambahkan, para e-commerce sudah mengambil langkah yang tepat untuk menggalakkan kampanye belanja online secara mudah, nyaman, dan aman.

"Sepuluh hari ini merupakan hari yang istimewa. Industri retail Indonesia sedang berkembang dan kita butuh mengadakan acara yang mendukungnya. Everything you need, you can find online, absolutely at the best price," tutur Sebastian Sieber, Chief Marketing Officer of Lazada Indonesia di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

(brl/red)