Aplikasi ini memungkinkan kamu memainkan Nintendo klasik di iPhone, begini cara menggunakannya

Aplikasi ini memungkinkan kamu memainkan Nintendo klasik di iPhone, begini cara menggunakannya

Techno.id - Sekarang lebih mudah untuk memainkan Nintendo klasik favorit di iPhone. Semua berkat emulator Delta yang akhirnya tersedia di App Store. Techno.id akan menjelaskan cara menggunakannya untuk memainkan semua game Nintendo lama yang kamu miliki.

Namun sebelum kamu melakukannya, ada hal yang perlu diingat. Meskipun kamu dapat menggunakan emulator untuk memainkan game secara legal, namun mengunduh dan menginstal ROM untuk game yang bukan milik kamu adalah tindakan ilegal.

Cara menggunakan emulator Delta untuk memainkan game retro Nintendo

Aplikasi ini memungkinkan kamu memainkan Nintendo klasik di iPhone, begini cara menggunakannya foto: apps.apple.com

Sebelumnya, kamu harus melakukan sideload aplikasi emulator seperti Delta di iPhone menggunakan toko aplikasi pihak ketiga seperti AltStore. Namun untungnya, Apple memperbarui Pedoman Tinjauan Aplikasinya pada April 2024 lalu untuk mengizinkan emulator konsol game retro di App Store.

Hasilnya, kamu sekarang dapat menginstal Delta dengan mudah seperti aplikasi lainnya. Namun sebelum benar-benar dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memainkan game Nintendo, kamu memerlukan file ROM untuk game yang ingin dimainkan.

Jika kamu memiliki kartrid game, kamu dapat menggunakan dumper kartrid seperti Operator GB Epilogue dengan PC kamu untuk mengekstrak file ROM dari kartrid kamu secara legal. Kemudian, kamu dapat mentransfer file ROM dari PC ke iPhone dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini di Delta.

1. Ketuk Dapatkan di halaman App Store Delta untuk menginstalnya di iPhone kamu.

2. Luncurkan aplikasi dan ketuk ikon plus (+) di sudut kanan atas.

3. Pilih File dari menu konteks dan telusuri ke direktori tempat kamu menyimpan file ROM.

4. Pilih file ROM, dan itu akan muncul di aplikasi. Sekarang, cukup ketuk game untuk menjalankannya. Semua kontrol konsol akan muncul di bagian bawah layar kamu.

Tangkapan dengan Operator GB, kamu hanya dapat menggunakannya untuk mengekstrak ROM dari kartrid Game Boy. Namun, kamu dapat menemukan alat serupa jika memiliki konsol Nintendo retro lainnya seperti NES, SNES, Nintendo DS, Nintendo 64, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu memainkan Nintendo klasik di iPhone, begini cara menggunakannya foto: techno.id/yani andriyansyah/ai generative copilot designer

Ingatlah bahwa file ROM kamu harus dalam salah satu format berikut, NES (.nes), SNES (.smc, .sfc, .fig), Game Boy (.pt), Game Boy Color (.gbc), Game Boy Advance (.gba), Nintendo DS (.ds, .nds), atau Nintendo 64 (.n64, .z64), tergantung pada konsol yang digunakan Nintendo untuk membuat game tersebut.

Meskipun Delta mendukung Nintendo DS, kamu tidak dapat memainkan game Nintendo DS di luar kotak meskipun kamu memiliki file ROM. Itu karena Delta mengharuskan kamu menambahkan file BIOS DS secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Luncurkan Delta dan ketuk ikon roda gigi di sudut kiri atas untuk membuka menu pengaturannya.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Nintendo DS di bawah Pengaturan Inti.

3. Kamu akan melihat tiga nama file di DS BIOS Files di bagian bawah. Kamu perlu mengimpor file-file ini seperti mengimpor file ROM sebelumnya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu memainkan Nintendo klasik di iPhone, begini cara menggunakannya foto: makeuseof.com

Seperti file ROM, mengunduh atau mengimpor file BIOS untuk konsol yang bukan milik kamu adalah tindakan yang sangat ilegal. Jadi, kecuali kamu memiliki Nintendo DS, jangan mencoba mengimpor file BIOS-nya ke Delta.

Seperti yang kamu lihat, menyiapkan emulator Delta untuk memainkan game Nintendo cukup mudah selama kamu memiliki file yang diperlukan. Meskipun Delta hanyalah salah satu dari banyak emulator Game Boy Advance untuk perangkat iOS, ketersediaannya di App Store menjadikannya pilihan yang direkomendasikan sekarang.

Jangan lupa bahwa jika kamu sudah memiliki Nintendo Switch, Nintendo sudah memudahkan untuk memainkan game retro NES, SNES, N64, dan Game Boy di konsol Switch. Kamu hanya perlu membayar Paket Ekspansi Nintendo Switch Online.

(brl/red)