5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal

5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal

Techno.id - Buat kamu yang ingin merakit PC, saat ini banyak tutorial online di YouTube. Bagaimana kamu memilih komponen desktop yang terstandarisasi, sehingga merakit komputer sangat mudah. Seperti dicatat banyak perakit PC, membuat desktop saat ini hampir seperti merakit set LEGO dengan kabel. Namun kamu harus cermat dalam memilih komponen yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Berikut tips yang dapat membantu kamu merakit PC.

1. Tonton build PC di YouTube

Kamu harus menonton sebanyak mungkin tutorial perakitan PC di Youtube untuk menambah informasi dan pengetahuan sebelum melakukannya. Dapatkan berbagai informasi dari sebanyak mungkin sumber yang berbeda.

Tujuannya agar kamu benar-benar memahami dasar-dasar menempatkan CPU, memasang pendingin, dan memasukkan RAM. Beberapa orang biasanya langsung memasukkan motherboard ke dalam casing, sebagian besar menggunakan CPU dan pendingin terlebih dahulu, sementara yang lain menambahkan komponen sebanyak mungkin di luar casing terlebih dahulu. Ada kelebihan dan kekurangan dari setiap metode.

Fokus pada tutorial yang menggunakan merek dan generasi CPU yang ingin kamu rakit. AMD dan Intel menggunakan metode yang sedikit berbeda untuk memasang CPU di motherboard. Juga, periksa build menggunakan casing PC, karena semuanya memiliki keistimewaan. Menonton tutorial akan memberi kamu tips tentang potensi masalah dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

2. Hindari listrik statis

5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal foto: freepik

Tidak diragukan lagi, listrik statis dapat merusak komponen PC. Hati-hati saat merakit berbagai komponen komputer. Perhatikan setiap bagian dan komponen yang berhubungan langsung dengan tenaga listrik agar tidak terjadi kontak dengan casing PC.

Rakit komputer di atas meja yang tidak memiliki karpet di bawahnya. Dengan cara ini, kamu cenderung tidak membuat muatan statis. Jangan membangun pada hari yang sangat kering, ketika ada banyak listrik statis di udara. Sentuh bagian logam casing PC setiap kali sebelum kamu menyentuh komponen apa pun.

3. Berhati-hatilah saat memasang CPU

5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal foto: freepik/chevanon

Hati-hati ketika memasukkan CPU ke dalam soket motherboard. Maklum, prosesor tidak murah. Memasukkan silikon terbungkus ke dalam motherboard adalah bagian yang paling tidak mudah untuk membangun PC. Namun, jika kamu memahami prosesnya, itu juga salah satu langkah termudah. Pastikan kamu tahu persis bagaimana menginstal CPU dan tempatkan CPU dengan benar pada tempatnya.

4. Buat sesederhana mungkin

5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal foto: freepik

PC dengan pendingin loop tertutup khusus, dan banyak strip pencahayaan RGB akan terlihat luar biasa. Namun ini akan memperumit proses perakitan. Untuk PC pertama, usahakan sesederhana mungkin.

Kamu bisa mendapatkan beberapa kipas casing dengan pencahayaan RGB, tetapi jangan menambahkan kerumitan apa pun di luar dasar-dasarnya. Faktanya, pendingin all-in-one mungkin sedikit berlebihan untuk pembuat pemula.

Tetap berpegang pada dasar-dasar absolut dan lihat apakah kamu bisa membuat komponen bekerja sebelum beralih ke hal-hal yang lebih rumit. Hal penting dengan build pertama kali adalah menyelesaikannya secara terorganisir dan PC berhasil boot ke layar mulai.

5. Manajemen kabel

5 Tips untuk merakit PC pertama, perhatikan pemasangan tiap komponen agar bisa bekerja secara normal foto: freepik/wavebreakmedia

Manajemen kabel memang tidak terlalu memengaruhi kinerja, tetapi tetap harus dilakukan. Manajemen kabel yang tepat terlihat lebih baik, terutama jika kamu menggunakan casing dengan sisi transparan. Manajemen kabel juga membantu kamu teratur dan rapi dalam memasang komponen.

(brl/red)