Di tahun 2016, Pemkot Bekasi akan tambah 100 titik WiFi

Di tahun 2016, Pemkot Bekasi akan tambah 100 titik WiFi

Techno.id - Pemerintah kota Bekasi berencana menambah jaringan WiFi di sejumlah titik pada tahun 2016 mendatang. Total akan ada 100 titik WiFi baru di salah satu kota yang masuk wilayah administrasi provinsi Jawa Barat tersebut.

"Kami sudah ajukan penambahan 100 titik lagi WiFi untuk tahun depan di sejumlah ruang publik di 12 kecamatan," ujar Tedi Hafni, kepala bagian telematika kota Bekasi seperti dikutip dari Antara (27/10/15).

Rencananya, WiFi nanti akan dipasang di sejumlah ruang publik seperti taman, stasiun, terminal, puskesmas, dan tempat lainnya. Nantinya, jaringan WiFi disebut akan memiliki daya jangkau 20-30 meter per titik yang dapat diakses oleh masyarakat secara gratis.

Tedi mengungkapkan bahwa untuk penambahan pengadaan jaringan WiFi nanti, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan PT Telkom. Menurut perhitungan, biaya pemasangan akan menghabiskan dana sebesar Rp550 ribu per bulan per titik dan berlangsung selama sepuluh bulan.

Lebih lanjut Tedi mengungkapkan bahwa rencana penambahan jaringan WiFi yang termasuk dalam program internet gratis bertajuk Better atau Bekasi Terkoneksi ini nantinya juga akan didukung oleh pemerintah provinsi Jawa Barat. Menurutnya, bantuan dari pemprov itu juga dalam rangka mempersiapkan Bekasi sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016.

Sayangnya, Tedi belum tahu bantuan apa yang nanti akan diberikan oleh pemprov Jawa Barat kepada pihaknya. Namun yang jelas, bantuan yang diberikan nanti akan difokuskan untuk membangun fasilitas WiFi di sekitar stadion.

(brl/red)