CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 21 Oktober 2015 12:38

Menkominfo dukung Project Loon Google, asal...

Layanan internet memanfaatkan Project Loon diharapkan bisa diterapkan di kawasan Timur Indonesia.

Menkominfo dukung Project Loon Google, asal...

Techno.id - Keinginan Google menyediakan akses internet secara luas dan efisien menggunakan balon udara diwujudkan dalam program riset bernama Project Loon. Diam-diam Presiden Joko Widodo tertarik akan proyek hasil kembangan perusahaan internet asal Amerika Serikat tersebut.

Ketertarikan Presiden tentunya tak akan bisa dilepaskan dari keterkaitan operator Indonesia. Bahkan, dikabarkan sudah ada operator telekomunikasi yang tertarik untuk ikut andil menjajal hasil riset dan pengembangan Google. Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

"Sejauh ini masih sebatas technical test saja karena memang belum jelas soal model bisnisnya kalau mau dibuat komersial. Selama masih uji coba, saya mendukung," ungkap lelaki yang akrab disapa Chief RA itu di Gedung Kementerian Kominfo.

Rudiantara pun memaparkan bahwa sebenarnya pihak Google sejak awal telah meminta uji coba Project Loon memakai frekuensi 700 MHz, tapi tak bisa dikabulkan karena di Indonesia frekuensi itu dipakai untuk menyebar siaran televisi analog secara nasional.

Tak patah arang, Google kemudian meminta supaya uji coba balon penyebar internet itu menggunakan frekuensi 900 Mhz. "Saya bilang, ya tentu sudah habis frekuensi 900 MHz kan dipakai operator seluler. Jadi, ya bicara saja dengan operator,” terang Rudiantara.

WHAT TO READ NEXT ?