XL fasilitasi kerajinan Nusantara melalui pasar digital

XL fasilitasi kerajinan Nusantara melalui pasar digital

Techno.id - Dalam rangka mendukung visi pemerintah Indonesia, PT XL Axiata Tbk kini resmi menggandeng Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. Tujuannya, yakni mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para pengrajin Indonesia.

Dian Siswarini selaku Presiden Direktur mengatakan, XL dan Elevenia (situs belanja online yang berada di bawah naungan XL) akan tetap berkomitmen kuat dalam membantu visi pemerintah. Khususnya, dalam membentuk masyarakat menuju era digital.

"Kerja sama ini merupakan salah satu implementasi dari visi tersebut, di mana XL dan Elevenia siap untuk memfasilitasi para pengrajin di berbagai wilayah Nusantara dalam mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas, hingga mancanegara," ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka, Jum'at (23/10).

Lebih jauh, kerja sama antara XL dan Dekranas ini mencakup penyediaan website yang beralamatkan di dekranas.id. Selain itu, juga ada sosialisasi dan edukasi tentang e-commerce atau pemasaran secara digital, pemasaran produk kerajinan melalui Eleveniam serta promosi melalui layanan mobile advertising dari XL.

Dekranas.id sendiri akan menjadi portal informasi utama tentang organisasi tersebut. Namun di samping itu, Dekranas.id juga akan dilengkapi dengan berbagai data sang pengrajin yang disertai dengan produk-produknya. Hanya saja, tidak difokuskan kepada proses jual belinya.

Sedangkan bagi pihak pengrajin, mereka dapat mendaftarkan diri dan mengenalkan produk-produk buatannya ke Dekranas.id tanpa dipungut biaya. Tentu saja, para pengrajin juga dapat memperbarui halaman profil mereka layaknya bermain media sosial Facebook

(brl/red)