3 Penyebab layar iPhone redup sendiri, begini cara memperbaikinya  

3 Penyebab layar iPhone redup sendiri, begini cara memperbaikinya  

Techno.id - Sebagai pengguna iPhone, kamu mungkin menyadari bahwa kecerahan layar ponsel secara otomatis akan menyesuaikan jumlah cahaya yangditerimaponsel di lingkungan sekitar. Meskipun ini bisa menjadi fitur yang cukup berguna untuk membantu mengatasi kelelahan mata dan membuat layar sedikit lebih mudah dilihat, kecerahan otomatis tidak selalu membantu.

Masalahnya mungkin tampilan secara otomatis meredup bahkan saat kamu berada di bawah sinar matahari. Jika kamu berada di tempat teduh sebagian, ponsel akan meredupkan layar secara otomatis, meskipun tidak perlu.

Kondisi ini dapat mempersulit untuk melihat apa yang ada di layar. Jika kamu meningkatkan kecerahan secara manual, kecerahan layar akan kembali turun karena fitur kecerahan otomatis tetap aktif.

Ada dua pengaturan yang perlu kamu nonaktifkan untuk membantu mencegah iPhone meredup secara otomatis. Perlu diketahui, iPhone mungkin masih menyesuaikan kecerahannya secara otomatis meskipun kedua pengaturan tersebut dinonaktifkan.

1. Nonaktifkan kecerahan otomatis

3 Penyebab layar iPhone redup sendiri, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara pertama bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa kecerahan otomatis dinonaktifkan di pengaturan. Fitur ini secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar tergantung pada cahaya di lingkungan sekitar. Jika kamu ingin mencegah layar selalu mencoba menyesuaikan kecerahan, kamu harus menonaktifkan fitur ini.

Di Pengaturan, buka Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan matikan Kecerahan Otomatis di bagian bawah halaman. Kamu mungkin mengira bahwa pengaturan ini ada di fitur Tampilan dan Kecerahan, jadi tidak jarang kecerahan otomatis diaktifkan tanpa kamu sadari karena tersimpan di Aksesibilitas. Jika kecerahan kamu terus menyesuaikan secara otomatis, ada pengaturan lain yang perlu kamu nonaktifkan.

2. Matikan True Tone

3 Penyebab layar iPhone redup sendiri, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memiliki iPhone SE (generasi ke-2) dan versi lebih baru, fitur True Tone mengukur suhu warna dan kecerahan di lingkungan sekitar, lalu menyesuaikan tampilannya agar sesuai. True Tone berguna saat kamu menginginkannya, tidak hanya membantu menampilkan warna yang lebih akurat di berbagai situasi pencahayaan, tetapi juga lebih mudah dilihat.

Sekali lagi, jika kamu tidak membutuhkan fitur tersebut, kamu bisa menonaktifkannya. Di Pengaturan, buka Tampilan & Kecerahan dan matikan True Tone di bawah tajuk Brightness. Selama kecerahan otomatis juga dinonaktifkan, mematikan True Tone akan mencegah iPhone menyesuaikan kecerahan secara otomatis.

3. Jangan biarkan iPhone terlalu panas

3 Penyebab layar iPhone redup sendiri, begini cara memperbaikinya foto: freepik/creativista

iPhone memiliki beberapa cara untuk melindungi komponen internalnya, termasuk meredupkan layar secara otomatis. Meskipun kecerahan otomatis dan True Tone dimatikan, jika iPhone kamu terlalu panas, intensitas tampilan akan disesuaikan secara otomatis.

Menurut Apple, untuk membantu mencegah hal ini terjadi, kamu harus menggunakan iPhone pada suhu antara 0 hingga 35 derajat Celcius, dan menyimpannya pada suhu antara minus 20 hingga 45 derajat Celcius.

Jika kamu meninggalkan iPhone di dalam mobil atau berada di bawah Terik matahari langsung, kemungkinan besar iPhone akan menjadi terlalu panas dan menyebabkan layar redup secara otomatis.

Namun panas berlebih tidak terjadi hanya karena hari yang cerah. Baterai yang rusak juga dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas. Buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai dan periksa apakah baterai kamu perlu diganti.

Alasan lain mungkin karena perangkat lunak bermasalah, Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak dan pastikan untuk selalu menggunakan pembaruan terbaru untuk menangani bug dan masalah perangkat lunak apa pun.

(brl/red)