Cara menguji RAM untuk mengatasi masalah komputer yang macet dan tidak stabil

Cara menguji RAM untuk mengatasi masalah komputer yang macet dan tidak stabil

Techno.id - Apakah PC kamu macet, membeku, atau tidak stabil? Mungkin ada masalah dengan Random Access Memory (RAM). Untuk memeriksanya, kamu dapat menggunakan alat sistem tersembunyi yang disertakan dengan Windows 11, 10, dan 7, atau mengunduh dan mem-boot alat yang lebih canggih.

Sebagaimana diketahui, RAM komputer adalah memori kerja. Sistem operasi dan aplikasi komputer terus-menerus menulis data ke RAM dan membacanya kembali. Misalnya, saat kamu memuat halaman web, maka browser web kamu menyimpannya di RAM saat kamu membacanya. Saat kamu meluncurkan game PC, game memuat informasi dari penyimpanan sistem yang lebih lambat seperti solid-state drive atau hard drive ke dalam RAM yang jauh lebih cepat.

Jika RAM komputer rusak, maka dapat menyebabkan masalah. Komputer akan menyimpan data ke RAM dan akan menemukan data yang berbeda saat membaca RAM. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi mogok, sistem macet, layar biru (Blue Screen od Death/BSOD), kerusakan data, dan masalah lainnya.

Alat-alat ini berfungsi dengan menulis data ke setiap sektor RAM komputer dan kemudian membacanya kembali secara bergantian. Jika alat membaca nilai yang berbeda, ini menunjukkan bahwa RAM kamu rusak.

Alat pengujian RAM terbaik mengharuskan kamu mem-boot ulang komputer ke sistem khusus yang dapat di-boot. Ini membuat Windows atau sistem operasi lain menyingkir dan memastikan alat tersebut memiliki akses tingkat rendah penuh ke RAM. Namun ada alat yang dapat kamu jalankan dari dalam Windows, seperti MemTest HCI Design, tetapi alat tersebut tidak akan dapat diandalkan dan sangat tidak direkomendasikan.

Alasan harus menguji RAM

Cara menguji RAM untuk mengatasi masalah komputer yang macet dan tidak stabil foto: freepik/fabrikasimf

Alasan paling umum orang menguji memori komputer mereka adalah untuk menyelesaikan masalah dengan kerusakan berulang. Jika kamu sering mendapatkan BSOD, tes RAM adalah cara yang baik untuk mendiagnosis masalah. Ini terutama terjadi jika pesan kesalahan BSOD mengacu pada memori komputer.

Banyak kasus menemukan RAM yang salah sebagai penyebab pesan kesalahan tertentu seperti kesalahan umum dengan notifikasi, Page Fault in Nonpaged Area.

Ini juga merupakan langkah cerdas untuk menjalankan tes memori segera setelah kamu memasang stik RAM baru. Sebab dengan menguji RAM baru, memungkinkan kamu menemukan masalah pabrikan dan mendapatkan penggantinya sebelum perangkat keras bermasalah. Berikut metode untuk menguji RAM untuk mengatasi masalah yang dihadapi komputer kamu.

(brl/red)