Mengurangi waktu layar dengan menyembunyikan aplikasi di iPhone, begini caranya

Mengurangi waktu layar dengan menyembunyikan aplikasi di iPhone, begini caranya

Techno.id - Berdasarkan laporan Exploding Topics, rata-rata orang menghabiskan lebih dari 3 jam sehari untuk melihat perangkat selular mereka. Sementara menurut laporan University of Colorado Health, memeriksa ponsel cerdas dapat memacu adrenalin, yang meningkatkan detak jantung, ketegangan otot, dan denyut nadi.

Tetapi dengan menyembunyikan aplikasi di iPhone, akan dapat membantu mengurangi waktu layar karena kamu tidak akan dapat membukanya dengan cepat saat itu juga. Namun, jangan khawatir, aplikasi akan tetap ada di Perpustakaan Aplikasi jika kamu ingin menggunakannya nanti.

Apple memperkenalkan Perpustakaan Aplikasi dengan dirilisnya iOS 14 pada tahun 2020. Fitur ini mengatur aplikasi iPhone ke dalam kategori, seperti Sosial dan Hiburan, dan menjauhkannya dari layar beranda. iPhone mengatur kategori ini sendiri, dan kamu tidak dapat mengatur ulang aplikasi jika kamu tidak setuju dengan penempatannya. Berikut cara menyembunyikan aplikasi dari layar beranda iPhone dan cara mengakses Perpustakaan Aplikasi.

Menyembunyikan aplikasi di iPhone

Mengurangi waktu layar dengan menyembunyikan aplikasi di iPhone, begini caranya foto: freepik

1. Ketuk dan tahan aplikasi di layar utama hingga menu muncul.

2. Ketuk Hapus Aplikasi.

3. Ketuk Hapus dari Layar Utama.

Sekarang aplikasi tidak akan terlihat di layar utama, tetapi masih dapat diakses di Perpustakaan Aplikasi. Kamu juga dapat menyembunyikan beberapa aplikasi secara berurutan. Begini caranya.

1. Ketuk dan tahan bagian layar beranda yang tidak terisi hingga ikon mulai bergoyang.

2. Ketuk simbol minus di sudut aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

3. Ketuk Hapus dari Layar Utama.

4. Kemudian, ulangi langkah kedua dan ketiga hingga kamu menyembunyikan semua aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan ketuk Selesai di pojok kanan atas layar beranda.

Sekarang setelah aplikasi berada di luar layar beranda, ada beberapa cara untuk mengaksesnya.

Cara mengakses aplikasi tersembunyi

Mengurangi waktu layar dengan menyembunyikan aplikasi di iPhone, begini caranya foto: freepik

Cara tercepat untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan mengetuk Cari di dekat bagian bawah layar beranda menggunakan fitur pencarian Spotlight. Kemudian, ketik nama aplikasi yang kamu cari di bilah pencarian dan aplikasi tersebut akan muncul di atas bilah pencarian.

Kamu juga dapat menggeser ke kanan di layar utama hingga kamu membuka Perpustakaan Aplikasi di layar terakhir. Di sini, kamu dapat melihat berbagai kategori tempat iPhone mengatur aplikasi, dan kamu dapat mencari Perpustakaan Aplikasi dengan mengetuk bilah pencarian di dekat bagian atas layar.

Jika ingin menambahkan aplikasi tersembunyi kembali ke layar beranda, buka Perpustakaan Aplikasi dengan menggeser ke kanan, ketuk dan tahan aplikasi, lalu ketuk Tambahkan ke Layar Beranda.

(brl/red)