Apple dikabarkan akan menggunakan ChatGPT untuk mendukung fitur AI di iOS 18

Apple dikabarkan akan menggunakan ChatGPT untuk mendukung fitur AI di iOS 18

Techno.id - Apple rencananya bakal mengumumkan iOS 18 di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni 2024.. Saat ini dikabarkan Apple sedang dalam pembicaraan dengan pengembang ChatGPT, OpenAI untuk membantu peningkatan AI besar-besaran bagi iPhone.

Kabar ini muncul dari informasi yang disampaikan Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengatakan diskusi antara Apple dan OpenAI telah diperbarui dan sekarang semakin intensif.

Bulan lalu Bloomberg juga melaporkan bahwa Apple sedang berbicara dengan Google tentang penggunaan chatbot Gemini di dalam iOS 18. Jadi Apple mencari kemitraan untuk peningkatan perangkat lunak besar berikutnya.

Namun dalam laporan terbaru, OpenAI sebagai pelopor penggunaan kecerdasan buatan (AI) dengan alat seperti ChatGPT dan Dall-E, yang juga dikembangkan OpenAI, kemungkinan akan menemukan jalannya ke pembaruan iOS 18, yang kabarnya akan diluncurkan sekitar September 2024.

Apple dikabarkan akan menggunakan ChatGPT untuk mendukung fitur AI di iOS 18 foto: apple

Gurman mengatakan bahwa Apple belum membuat keputusan, apakah akan bekerja sama dengan Google atau OpenAI, bisa juga dengan kedua perusahaan. Yang pasti Apple telah mengonfirmasi bahwa iOS 18 akan sangat fokus pada kecerdasan buatan.

Diharapkan iOS 18 hadir dengan semacam AI lokal berbasis perangkat. Apple telah memamerkan beberapa model bahasa besar (LLM) baru yang cukup kecil untuk disimpan dan dijalankan dari smartphone.

Apa yang akan didapatkan pengguna masih harus dilihat, tetapi beberapa jenis teks AI dan pembuatan gambar tampaknya mungkin, ditambah peningkatan substansial ke Siri. Ada juga kabar tentang fitur seperti pembuatan daftar putar bertenaga AI di Apple Music.

Yang jelas, semua perhatian sekarang tertuju pada WWDC 2024 pada Juni mendatang, ketika semua yang sedang dikerjakan Apple harus diungkapkan baik untuk iOS, macOS, watchOS, tvOS, visionOS, dan banyak lagi.

(brl/red)