Begini cara mengisi daya iPhone dengan benar, tidak perlu di-charge semalaman

Begini cara mengisi daya iPhone dengan benar, tidak perlu di-charge semalaman

Techno.id - iPhone adalah perangkat yang luar biasa. Tetapi perangkat besutan Apple itu bakal kehilangan prformanya setelah baterai mengering. Karena itu sangat penting untuk menjaga sel di dalam baterai tetap baik dan memastikan kamu selalu mengisinya dengan benar. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin iPhone bertahan hingga larut malam setiap hari.

1. Cara mengisi daya iPhone dengan kabel

Begini cara mengisi daya iPhone dengan benar, tidak perlu di-charge semalaman foto: freepik/rawpixel.com

Cara tercepat untuk mengisi daya iPhone adalah menggunakan kabel. Hingga iPhone 15, ini berarti menggunakan kabel USB ke Lightning. Mulai iPhone 15, kamu memerlukan kabel USB-C ke USB-C.

Untuk pengisian daya tercepat, kabel Lightning tersebut perlu disambungkan ke pengisi daya USB-C sehingga kamu memerlukan kabel USB-C ke Lightning dan bukan kabel USB-A ke Lightning lama.

Meskipun Apple menyatakan bahwa pengisi daya 20W dapat mengisi daya iPhone dengan cepat, model iPhone yang lebih baru akan mengisi daya lebih cepat jika kamu menggunakan pengisi daya 30W atau lebih cepat.

2. Cara mengisi daya iPhone secara nirkabel

Begini cara mengisi daya iPhone dengan benar, tidak perlu di-charge semalaman foto: freepik/user16766420

Mulai iPhone 8, kamu dapat mengisi daya secara nirkabel. Dari iPhone 8 hingga iPhone 11, menggunakan standar pengisian daya nirkabel Qi. Dari iPhone 12, kamu dapat menggunakan pengisi daya Qi atau pengisi daya MagSafe yang lebih cepat yang menjepit iPhone menggunakan cincin magnet tersembunyi agar pas dan lebih efisien.

Pengisi daya Qi memiliki daya mulai dari 5W hingga 15W. Sementara pengisi daya MagSafe dari 7,5 hingga 15W. Karena pas secara magnetis, pengisi daya MagSafe akan lebih cepat meskipun dengan watt yang sama dengan Qi. Jadi dapatkan pengisi daya MagSafe jika iPhone kamu adalah versi 12 atau lebih baru. Pengisi daya Qi2 terbaru harus cocok dengan MagSafe pada kecepatan pengisian daya 15W.

3. Cara mengisi daya iPhone menggunakan power bank

Begini cara mengisi daya iPhone dengan benar, tidak perlu di-charge semalaman foto: freepik/victor-prilepa

Power bank portabel menawarkan kemampuan mengisi daya iPhone saat bepergian. Sebagian besar power bank memerlukan kabel pengisi daya terpisah yang terhubung ke iPhone, meskipun beberapa memiliki kabel internal yang disimpan di suatu tempat di dalam perangkat. Beberapa power bank kelas atas juga memiliki bantalan magnet untuk mengisi daya secara nirkabel.

Menggunakan power bank itu sederhana. Pastikan kamu mengisi dayanya sebelum berangkat dan kemudian saat kamu ingin mengisi daya iPhone, gunakan seperti yang kamu lakukan dengan pengisi daya biasa, baik dengan kabel atau nirkabel. Jika menggunakan kabel, senaiknya gunakan kabel bawaan iPhone kamu. Sebagian besar power bank memiliki lampu LED untuk memberi tahu berapa banyak daya yang tersisa.

(brl/red)