CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 22 Oktober 2015 20:00

Tingkatkan sarana, Pemkab Gunung Kidul 'sebar' WiFi di beberapa titik

"Kami menargetkan awal tahun 2016 sudah bisa beroperasi karena kesiapan prasarananya sudah tersedia," ungkap Budi Martono.

Tingkatkan sarana, Pemkab Gunung Kidul 'sebar' WiFi di beberapa titik

Techno.id - Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas publik yang telah ada saat ini, pemerintah kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dilaporkan akan segera menghadirkan jaringan internet atau WiFi secara gratis di sejumlah titik pusat kegiatan warga.

"Kami menargetkan awal tahun 2016 sudah bisa beroperasi karena kesiapan prasarananya sudah tersedia," ungkap Budi Martono, Sekretaris Daerah kabupaten Gunung Kidul seperti dikutip dari Antara (21/10/15).

Menurut Budi, saat ini pengoperasian WiFi masih terkendala anggaran untuk biaya operasional, izin pemeliharaan, operator, dan daya listrik yang harus ditambah karena peralatan untuk mengoperasikan jaringan WiFi ini cukup besar. Untuk itu, pihaknya berencana memasukkan program penyediaan fasilitas WiFi publik ini ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2016.

Lebih lanjut Budi mengatakan jika WiFi gratis ini nantinya diharapkan dapat menjangkau area sekitar alun-alun pemkab, titik 0 km, dan pusat kuliner. Kendati demikian, Budi berupaya agar adanya fasilitas WiFi gratis ini nantinya juga tak mengganggu pengusaha internet di sekitar kota Wonosari .

"Kami sudah survei dalam radius dua kilometer tidak ada warnet, jika nanti mengganggu maka kami akan memperpendek jangkauan," kata Budi.

Untuk mendukung program pengadaan WiFi gratis ini, Budi berencana menugaskan Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) dan memasang kamera pengawas di sejumlah titik untuk mengantisipasi pengguna jaringan mengakses situs bermuatan negatif.

WHAT TO READ NEXT ?