Facebook bikin drone untuk sebarkan internet

Facebook bikin drone untuk sebarkan internet

Techno.id - Dilansir oleh BBC.com (30/07/15), Facebook dikabarkan tengah membangun sebuah drone raksasa yang ditujukan untuk menyebarkan internet ke bagian terpencil di dunia.

Dikatakan oleh pihak Facebook jika drone ini memiliki lebar yang sama dengan sayap pesawat Boeing 737. Selain itu, drone raksasa ini bisa terbang hingga 90 ribu kaki, bahkan bisa bertahan di udara hingga 90 hari.

Dengan membawa dan menyebarkan internet, drone ini mampu memberikan kecepatan internet hingga 10 GB per detik. Sementara itu, pesawat ini akan diuji coba di AS akhir tahun ini.

Facebook bikin drone untuk sebarkan internet

Menurut keterangan wakil Presiden Facebook untuk urusan teknik global dan infrastruktur, Jay Parikh, drone ini dirancang oleh tim Facebook di Inggris.

"Tujuan kami adalah untuk mempercepat pengembangan satu set baru teknologi yang secara drastis dapat mengubah ekonomi penggelaran infrastruktur internet," kata Parikh dikutip dari BBC.com (30/07/15).

"Kami sedang menjajaki sejumlah pendekatan yang berbeda untuk tantangan ini, termasuk pesawat terbang, satelit dan solusi terestrial," tambahnya.

(brl/red)