Ingin sukses jadi CEO seperti Mark Zuckerberg? Ini rahasianya

Ingin sukses jadi CEO seperti Mark Zuckerberg? Ini rahasianya

Techno.id - Siapa yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg? Di usianya yang cukup muda ia telah berhasil membawa Facebook, perusahaan yang dirintisnya menjadi salah satu layanan yang cukup dominan di pasar perangkat mobile saat ini. Ya, perolehan pendapatan Facebook di ranah mobile memang menyaingi pemasukan yang dibukukan oleh Google di ladang desktop. Bahkan, melalui Instagram, aplikasi yang diakuisisi pada 2012 lalu tersebut, Facebook telah berhasil mengumpulkan 20 persen dari total pendapatan per tahunnya.

Anda mungkin penasaran apa yang dimiliki suami dari Priscilla Chan ini sehingga sampai detik ini Facebook masih terus bisa bertahan bahkan meraup keuntungan yang tak sedikit jumlahnya? Nah, berikut adalah beberapa rahasia yang dimiliki Zuckerberg untuk menjadi seorang CEO yang sukses memimpin perusahaan menuju keberhasilan seperti dikutip Techno.id dari BusinessInsider (24/7/15).

1. Tak pantang menyerah

Sebagai seorang CEO untuk perusahaan yang bergerak di bidang layanan online dengan persaingan yang cukup ketat, Zuckerberg selalu menerapkan prinsip hidup pantang menyerah. Dikutip dari BusinessInsider, ia adalah pribadi yang tak malu mengakui kegagalan dan juga memiliki kemampuan untuk memahami dan mengenali gangguan yang terjadi di perusahaannya.

2. Peka terhadap tren

Manajemen perusahaan sempat mengakui bahwa di tahun 2013 lalu, saham Facebook mengalami penurunan yang menyebabkan beberapa investor ragu bahkan urung untuk menanamkan dananya di perusahaan tersebut. Namun, Zuckerberg selaku CEO tak habis akal. Ia melihat bahwa kala itu Instagram yang telah diakuisisinya banyak digemari remaja. Berbekal hal tersebut akhirnya Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook bakal menerapkan iklan untuk layanan berbagi foto yang pada akhirnya mampu mendongkrak kembali pendapatan Facebook.

Selain itu, Facebook juga dilaporkan sebagai perusahaan yang terlalu peka terhadap tren sehingga ketika ada tren baru maka perusahaan di bawah komando Zuckerberg akan mencoba untuk menirunya. Namun, ketika gagal Zuckerberg tak segan untuk mengakuinya dan mencoba untuk mendapatkan layanan atau aplikasi yang ditirunya, seperti Instagram dan WhatsApp.

3. Sosok yang visioner

Zuckerberg dinilai sebagai seorang yang memiliki pandangan jauh ke depan. Ia tak segan membuat sebuah program yang bahkan hasilnya baru bisa dilihat 10 tahun ke depan. Misalnya saja, langkah yang dilakukannya beberapa bulan ini untuk mengakuisisi perusahaan virtual reality, Oculus.

Menurut Zuckerberg dengan mengakuisisi Oculus sekarang, jalan Facebook dalam meraih kesuksesan ke depannya makin terbuka lebar. Pasalnya, saat ini banyak perusahaan dunia berbondong-bondong mempersiapkan perangkat mobile dan aplikasi yang diproduksi untuk mendukung kemampuan virtual reality. Jadi, dengan memproduksi perangkat virtual reality dari sekarang maka kemungkinan besar kesuksesan yang bakal diraih Facebook lebih besar.

Nah, itulah beberapa prinsip hidup dari sesosok Mark Zuckerberg yang dinilai berhasil membawa Facebook menjadi salah satu perusahaan yang dominan di layanan online untuk perangkat mobile. Jika Anda berniat sesukses Zuckerberg, mungkin prinsip-prinsip tersebut bisa Anda ikuti supaya perusahaan atau bisnis Anda bisa sesukses Facebook.

(brl/red)