Smartfren catat peningkatan akses internet lebih dari 28% selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H

Smartfren catat peningkatan akses internet lebih dari 28% selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H

Techno.id - Selama Ramadan, musim mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H lalu, Smarfren mencatat terjadinya peningkatan akses internet yang signifikan di kantong-kantong mudik area Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peningkatan di wilayah tujuan pemudik itu naik hingga di atas 28%, sedangkan secara nasional di seluruh wilayah operasional Smartfren peningkatan akses internet mencapai 14% lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, pihaknya secara konsisten dan rutin melakukan optimasi jaringan untuk memastikan seluruh memeratakan kualitas internet terbaik ke seluruh pelanggan.

Smartfren catat peningkatan akses internet lebih dari 28% selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H foto: smartfren

Peningkatan akses internet dipicu meningkatnya akses aplikasi pesan instan dan streaming, baik berbentuk suara maupun video. Pada momen Ramadan, rata-rata akses terjadi pada momen sahur dan menjelang buka puasa. Sedangkan pada momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, peningkatan akses internet terjadi di berbagai jalur mudik, pelabuhan, terminal, stasiun, bandara, tempat wisata, dan kota-kota tujuan pemudik.

Adapun aktivitas yang berkontribusi besar pada peningkatan tersebut adalah akses aplikasi pesan instan yang mencapai 31% lebih tinggi dari hari biasa. Sedangkan akses terhadap aplikasi streaming, yakni musik dan video mengalami kenaikan rata-rata 10% dibanding hari biasa.

(brl/red)