Menutup aplikasi di iPhone akan menghemat masa pakai baterai, ternyata cuma mitos

Menutup aplikasi di iPhone akan menghemat masa pakai baterai, ternyata cuma mitos

Techno.id - Sebagian besar dari pengguna biasanya akan menutup aplikasi iPhone dari bagian tengah layar berandasetelah menggunakannya. Cara ini sering kali didasarkan pada firasat bahwa menutup paksa aplikasi pasti akan menghemat lebih banyak daya baterai dan meningkatkan kinerja.

Sementara panduan Apple menyebutkan, pengguna hanya boleh menutup aplikasi jika tidak merespons. Sebab, iOS telah lama dirancang untuk memastikan aplikasi latar belakang hampir tidak menyentuh RAM atau CPU iPhone.

Ternyata, menutup aplikasi di iPhone akan menghemat masa pakai baterai hanyalah mitos belaka. Sebab, menutup aplikasi iPhone bersifat katarsis dan secara naluriah terasa seperti hal yang benar untuk dilakukan jika baterai berwarna merah.

Menutup aplikasi di iPhone akan menghemat masa pakai baterai, ternyata cuma mitos foto: apple

Tetapi itu sebenarnya tidak membantu masa pakai baterai, RAM, atau CPU, dan membuka kembali aplikasi bahkan dapat berdampak negatif. iPhone sejak lama terus menerima peningkatan memori, mulai dari RAM 128MB hingga 8GB.

Sementara iOS sangat efisien dalam menangguhkan aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi tersebut kemudian dibekukan secara efektif di latar belakang. Aplikasi yang ditangguhkan tidak benar-benar menghabiskan baterai atau mengurangi kinerja.

Justru menutup aplikasi hanya untuk kemudian membukanya lagi seringkali lebih menghabiskan banyak baterai daripada membiarkannya ditangguhkan di latar belakang. Sebab, peluncuran awal sebagian besar aplikasi membutuhkan lonjakan daya yang singkat untuk memuat dan mengumpulkan data aplikasi.

Sebaliknya, aplikasi yang ditangguhkan di latar belakang hanya menghabiskan lebih sedikit energi, meskipun aplikasi seperti Spotify, Apple Music, atau navigasi GPS dapat terus menarik daya jika masih digunakan secara aktif di latar belakang.

Menutup aplikasi di iPhone akan menghemat masa pakai baterai, ternyata cuma mitos foto: apple

Jika menduga ada aplikasi yang menghabiskan masa pakai baterai, kamu dapat memeriksanya dengan membuka Pengaturan > Baterai dan menggulir ke bawah untuk melihat penggunaan baterai menurut aplikasi. Untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang, kamu juga dapat membuka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan mematikan aplikasi tertentu.

Cara yang lebih baik untuk menjaga iPhone tetap berjalan lancar dan hemat daya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, dan secara teratur menghapus atau menyalin file besar dari iPhone.

(brl/red)