Kini WhatsApp iOS mendapatkan dukungan kunci sandi, jauh lebih aman dibanding password konvensional

Kini WhatsApp iOS mendapatkan dukungan kunci sandi, jauh lebih aman dibanding password konvensional

Techno.id - Platform perpesanan milik Meta WhatsApp meluncurkan dukungan untuk kunci sandi (passkey) di iOS. Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp masuk ke akun mereka di perangkat iOS menggunakan ID Wajah, ID Sentuh, atau kode sandi perangkat mereka.

Kunci sandi berfungsi sebagai pengganti kata sandi konvensional, dan karena autentikasi perangkat diperlukan, kunci sandi menghentikan serangan online seperti phishing. Dengan kunci sandi, tidak ada kata sandi yang bisa dicuri, dan tidak ada SMS satu kali atau kode autentikasi yang dapat disadap.

Kunci sandi juga lebih nyaman, karena proses masuk dilakukan dengan pemindaian ID Wajah atau Touch ID cepat daripada kata sandi. Kunci sandi WhatsApp dapat diaktifkan dengan membuka pengaturan aplikasi, memilih bagian Akun, dan mengetuk Kunci Sandi.

Apple telah mendukung kunci sandi sejak 2022, dan berfungsi di perangkat yang menjalankan iOS 16 dan versi lebih baru, iPadOS 16 dan versi lebih baru, serta macOS Ventura dan versi lebih baru. Banyak perusahaan telah menerapkan dukungan untuk kunci sandi, termasuk X (sebelumnya Twitter), Google, TikTok, PayPal, Best Buy, Microsoft, PlayStation, dan eBay.

(brl/red)