9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele

Techno.id - Memiliki smartphone menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan smartphone, pengguna dapat pergi ke mana pun sambil tetap dapat mengambil gambar, menjelajahi internet, dan menyelesaikan pekerjaan penting.

Sayangnya, salah satu hambatan terbesar yang menghalangi orang untuk mendapatkan ponsel baru yang bagus adalah biaya, terutama iPhone. Sudah bukan rahasia lagi jika perangkat iPhone baru selalu dibanderol dengan harga selangit.

Namun jika pengguna tetap ngotot ingin memiliki iPhone, tidak jarang cara yang dilakukan adalah memilih perangkat rekondisi yang relatif lebih terjangkau dari sisi harga.

Namanya rekondisi, berarti perangkat tersebut sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Tetapi biasanya sebelum dijual oleh si pemilik, segala data iPhone tersebut terlebih dahulu dibersihkan. Meski ditawarkan dengan harga yang relatif lebih murah dibanding perangkat baru, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan sebelum membeli iPhone rekondisi. Berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi.

1. Periksa reputasi penjual

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele foto: freepik/eyeem

Meskipun Apple menawarkan pilihan iPhone rekondisi di situs webnya sendiri, pilihannya cukup terbatas. Pembeli lebih cenderung menemukan ponsel yang mereka cari di tempat-tempat, termasuk di e-Commerce.

Ingat, ini adalah salah satu risiko terbesar yang harus kamu perhatikan. Biasanya sebagian besar iPhone rekondisi yang tersedia berada di tangan penjual pihak ketiga. Meskipun hal ini tidak selalu menjadi masalah, beberapa penjual mungkin kurang memiliki reputasi baik dibanding yang lain. Karena itu periksa dengan seksama reputasi si penjual, termasuk waktu pengiriman, agar kamu terhindar dari penipuan.

Memeriksa ulasan penjual sama pentingnya dengan memeriksa ulasan telepon itu sendiri. Lebih baik membeli dari penjual dengan reputasi baik, terutama jika mereka menawarkan kebijakan pengembalian atau dukungan mereka sendiri.

2. Model dan fitur

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele foto: freepik

Meskipun mungkin tidak ada yang salah atau rusak tentang iPhone yang dijual pihak ketiga, perangkat itu sendiri mungkin tidak seperti yang diharapkan konsumen. Beberapa ponsel yang diperbarui mungkin kekurangan informasi tentang fitur apa yang disediakan atau aplikasi apa yang seharusnya ada di perangkat.

Dalam beberapa kasus, pembeli bahkan mungkin menerima model iPhone yang sama sekali salah. Misalnya kamu membeli model iPhone 12, namun yang datang adalah iPhone 11 atau iPhone 11 Pro.

Jika kamu skeptis tentang cantuman tertentu, melihat setiap aspek deskripsi iPhone dapat membantu. Cara sederhana seperti ukuran penyimpanan dapat sangat membantu dalam menentukan model ponsel, karena model biasa biasanya memiliki jumlah gigabyte minimum yang lebih rendah daripada model Pro. Misalnya, kamu tidak mungkin menemukan iPhone 12 Pro dengan ukuran hanya 64 GB.

Menggunakan pengetahuan tentang apa yang harus ditawarkan setiap iPhone akan memberikan pemahaman yang baik tentang seberapa akurat daftar penjual tertentu, serta apakah penjual tersebut dapat dipercaya untuk menyediakan ponsel yang diperbarui.

3. Layanan purna jual

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele foto: freepik/bublikhaus

Meskipun iPhone rekondisi berfungsi dengan baik di luar kotak, iPhone tersebut masih dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Ketika ini terjadi, penting menemukan cara yang baik untuk memperbaiki ponsel ini. Sementara solusi DIY yang sederhana mungkin tidak selalu memungkinkan.

Sebab produk Apple terkenal sulit diperbaiki di rumah. Jadi cara termudah untuk menghidupkan kembali iPhone adalah dengan mendapatkan bantuan langsung dari perusahaan itu sendiri. Sayangnya, untuk ponsel tertentu yang diperbarui, ini bahkan mungkin bukan pilihan.

Biasanya, iPhone rekondisi adalah perangkat yang pertama kali dirilis beberapa tahun lalu. Kebijakan Apple pada perangkat lama ini hanya menjamin servis dan suku cadang hingga lima tahun setelah tanggal rilis awal ponsel, meskipun mereka dapat memperpanjangnya jika suku cadang tetap tersedia. Namun, setelah tujuh tahun, perusahaan secara resmi berhenti memberikan dukungan tersebut. Misalnya, iPhone 12 dirilis pada 16 Oktober 2020. Ini berarti bahwa jaminan dukungan telepon akan bertahan hingga tahun 2025, dengan kemungkinan dukungan terbatas hingga tahun 2027.

Masih ada cara konsumen dapat mencoba memperbaiki iPhone mereka tanpa bantuan Apple, tetapi metode tersebut mungkin tidak menyelesaikan masalah kritis. Karena itu, lebih baik memilih model rekondisi yang relatif mutakhir, terutama karena teknologi terus berkembang.

4. Kompatibilitas perangkat lunak

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele foto: freepik

Beberapa ponsel lama mungkin juga kekurangan fitur dan perangkat lunak terbaru. Meskipun perangkat lunak setidaknya biasanya mendapat manfaat dari dukungan dalam jangka waktu yang lebih lama, beberapa ponsel masih bisa tertinggal.

Standar sistem iOS di semua iPhone memiliki tingkat dukungan yang berbeda-beda. Sebut saja iOS 17, versi yang dirilis pada akhir tahun 2023, hanya mendukung perangkat setua iPhone XR atau SE generasi ke-2. Pada tahun 2024, itu berarti dukungan selama sekitar enam tahun, dan dukungan tersebut kemungkinan tidak akan berlanjut ke versi iOS berikutnya.

Meskipun iPhone yang diperbarui sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang lebih lama, masih ada baiknya untuk memeriksa kompatibilitasnya. Ini akan memudahkan untuk melihat apakah pembaruan perangkat lunak akan membuat semuanya berjalan lebih lama, memungkinkan aplikasi baru berjalan dengan baik di perangkat yang lebih lama.

5. Periksa bagian dan aksesori yang rusak atau hilang

9 Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone rekondisi biar kamu tidak kecele foto: freepik/eyeem

Meskipun iPhone rekondisi dimaksudkan untuk sedekat mungkin dengan produk baru, masih ada kerusakan yang mungkin tidak terlihat. Inilah alasan penting lainnya untuk hanya membeli dari penjual tepercaya.

Namun, secara lebih umum, ponsel rekondisi sering kali kekurangan item yang biasanya disertakan dalam kotak oleh produk baru, seperti pengisi daya. Dengan demikian, pembeli mungkin tidak mendapatkan pengalaman yang lengkap.

Sebelum mendapatkan iPhone rekondisi, mungkin ada baiknya kamu melihat ulasan produk atau melihat video di YouTube untuk mengetahui apa yang mungkin mereka lewatkan. Membaca ulasan untuk iPhone 12 atau iPhone 12 Pro dapat memberi tahu pembeli tentang kekurangan versi terbaru dari produk tersebut. Setelah ponsel benar-benar ada di tangan, kamu harus periksa semua fitur penting dan mungkin sedikit menguji perangkat.

(brl/red)