Teknologi identitas Intel resmi diadopsi Atmel dan Microchip

Teknologi identitas Intel resmi diadopsi Atmel dan Microchip

Techno.id - Bersamaan dengan pelaksanaan Intel Developers Forum (IDF) 2015 di San Fransisco, Intel juga mengumumkan bahwa teknologi identitas Enchanted Privacy ID (Intel EPID) rancangannya resmi diadopsi oleh Microchip Technology dan Atmel. Dalam siaran pers yang diterima Techno.id (19/8/15), teknologi tersebut nantinya bakal digunakan untuk meningkatkan interoperabilitas dari pengamanan atas solusi Internet of Things (IoT).

Selain Microchip Technology dan Atmel, sejumlah perusahaan dikabarkan bakal bergabung dengan proyek teknologi ini. Diperkirakan sejumlah perusahaan tersebut bakal bergabung dalam sebuah ekosistem di mana lebih dari 1,1 miliar sertifikat Intel EPID tersebar.

IoT sendiri diperkirakan akan menjadi pasar bernilai multi-triliun dolar dengan jumlah perangkat yang saling terhubung sebanyak 50 miliar buah pada pengujung tahun 2020. Namun, pelaku industri menghadapi tantangan besar dalam menerapkan solusi IoT terkait soal keamanan, interoperabilitas, dan kompleksitas solusi tersebut. Dengan menggunakan Intel EPID sebagai dasar pengamanan jaringan, ekosistem bisa memberikan alternatif solusi yang bisa menghubungkan perangkat satu dengan lainnya secara lebih aman dan mendorong pelaksanaan IoT sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

Teknologi Intel EPID sendiri menyediakan desain "on-ramp" untuk membantu banyak perangkat terhubung lebih aman dengan Intel IoT platform. Integrasi Intel EPID yang mengandalkan hardware disebutkan bakal menyediakan identitas perangkat utuh yang kompatibel dengan standar ISO dan TCG, serta membantu melindungi privasi dengan teknologi anonimitas yang canggih. Memperluas penggunaan Intel EPID di seluruh industri akan membantu solusi IoT menjadi lebih aman terlepas dari pilihan vendor.

(brl/red)