Intel NUC, perangkat mungil berteknologi canggih

Intel NUC, perangkat mungil berteknologi canggih

Techno.id - Produsen prosesor ternama dunia, Intel, telah memperkenalkan dua perangkat NUC (Next Unit of Computing) di Amerika dan Inggris. Kedua perangkat dengan nama seri NUC5CPYH dan NUC5PPYH tersebut diklaim sebagai perangkat mungil yang cukup canggih karena telah mengusung CPU Braswell yang dirancang menggunakan teknologi 14nm, teknologi sama yang digunakan pada perangkat Ultrabooks.

Seperti dilaporkan oleh TechRadar (29/6/15), meski sama-sama mengusung CPU Braswell, model CPU yang diusung oleh kedua perangkat ini ternyata berbeda. Khusus untuk model NUC5CPYH mengusung CPU dual-core Celeron N3050 1.6GHz, sedangkan model NUC5PPYH mengusung CPU quad-core Pentium N3700 1.6GHz.

Intel NUC, perangkat mungil berteknologi canggih

Kendati memiliki perbedaan model CPU, nyatanya kedua perangkat ini juga masih sama-sama mengusung fitur serupa, yakni USB 3.0, DDR3L-1600 (hingga 8GB), HDMI 1.4a yang mendukung 4K, port GbE, slot kartu SD, sensor inframerah, dukungan untuk drive 2,5inci, jack TOSLINK, 802.11ac, dan Bluetooth 4.0. Uniknya, Intel malah memilih menyertakan port VGA bukan DisplayPort pada perangkat ini. Kabarnya strategi Intel tersebut dilakukan supaya perangkat ini kompatibel digunakan dengan berbagai jenis perangkat.

Untuk mendapatkan perangkat canggih berukuran mungil ini, Anda harus merogoh kocek yang tak sedikit jumlahnya, yakni sekitar Rp 2,3 jutaan.

(brl/red)