Intel dan Micron umumkan memori 3D XPoint untuk saingi flash NAND

Intel dan Micron umumkan memori 3D XPoint untuk saingi flash NAND

Techno.id - Belum lama ini, Intel bekerja sama dengan Micron untuk merancang sebuah terobosan baru dalam teknologi penyimpanan komputer. Keduanya mengumumkan telah membuat memori yang 1.000 kali lebih cepat dari memori generasi penyimpanan saat ini yakni flash NAND.

Memori yang fenomenal ini disebut sebagai 3D XPoint yang merupakan memori pertama tanpa volatil sejak dibuat tahun 1989. Intel dan Micron telah membuat memori tersebut dalam jumlah besar dan siap untuk dipasarkan pada tahun 2016. Intel juga mengatakan bahwa teknologi pada 3D XPoint memungkinkan adanya berbagai macam aplikasi baru, seperti sistem pelacakan gangguan yang real-time.

Intel dan Micron umumkan memori 3D XPoint untuk saingi flash NAND

Selain pembaruan aplikasi, 3D XPoint dipercaya mampu bertahan 1.000 kali lebih lama dari memori penyimpanan NAND. Memori terbaru ini juga dibekali ruang penyimpanan hingga 128GB yang kemungkinan masih akan ditingkatkan untuk versi berikutnya, seperti yang dilansir 9to5mac (28/7/15).

Sayangnya, Intel belum memberikan kisaran harga dari perangkat terbarunya. Meski begitu, ketika 3D XPoint diluncurkan, Anda akan mendapat keuntungan kinerja yang baik untuk komputer pribadi dan perangkat mobile.

(brl/red)