Intel Core i3 vs Core i5, mana yang terbaik?

Intel Core i3 vs Core i5, mana yang terbaik?

Techno.id - Perdebatan tak akan menemukan suatu pemecahan masalah. Begitu pula, perdebatan tentang lebih baik mana antara Intel Core i5 dengan Core i7. Untuk mengetahui hal itu, dibutuhkan proses pengujian yang panjang, kemudian didapatkan kesimpulan bahwa Core i7 yang terbaik. Ya, ini sudah pasti karena pembaruan pada Core i7 telah menutupi kekurangan dari Core i5. Namun tunggu dulu, Core i5 belum tentu lebih baik jika dibandingkan dengan Core i3. Mengapa bisa demikian?

Semua ada kelebihan dan kekurangannya, tergantung konsumen ingin membeli perangkat untuk tujuan apa. Jika Anda berencana membeli komputer untuk pengerjaan tugas yang ringan dengan biaya terjangkau maka yang terbaik jatuh kepada Intel Core i3. Sebaliknya, jika Anda ingin mendapatkan performa yang mumpuni namun dengan harga yang tinggi maka Intel Core i5 juaranya.

Prosesor Intel Core i3 mempunyai kelebihan pada sisi temperatur yang lebih dingin dari Core i5. Hal ini dikarenakan Core i5 mempunyai kecepatan performa yang tinggi sehingga menyerap daya lebih banyak dan akhirnya menjadikan perangkat mudah panas. Sedangkan Core i3 tidak terlalu cepat dan tidak mudah panas, tapi cukup baik jika digunakan untuk tugas sehari-hari, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (4/7/15).

Nah, karena prosesor Intel Core i5 lebih cepat dari Core i3 maka harga yang dilabelkan pada Core i5 menjadi lebih mahal. Meski begitu, ini sangat berasalan, untuk mendapat sesuatu yang istimewa maka dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

(brl/red)