Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya

Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya

Techno.id - Salah satu fitur utama Windows 11 saat diluncurkan adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android, tetapi dukungan resmi tersebut akan hilang dalam waktu dekat.

Kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android melalui Amazon Appstore, yang secara resmi dikenal sebagai Subsistem Windows untuk Android, adalah salah satu fitur peluncuran Windows 11. Namun, Microsoft telah mengumumkan bahwa fitur ini akan hilang.

Microsoft mengumumkan akan mendukung Subsistem Windows untuk Android hingga 5 Maret 2025. Ini mungkin akan memberi siapa pun yang menggunakan aplikasi Android sekitar satu tahun sejak pengumuman untuk mencari penggantinya. Pada 6 Maret 2024 adalah tanggal terakhir untuk menginstal aplikasi baru dari Amazon Appstore.

Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya foto: microsoft

Microsoft menjamin di situs webnya bahwa pengguna saat ini akan dapat mengunduh aplikasi Android hingga akhir hayat. Setelah itu, Microsoft tidak akan lagi menawarkan dukungan teknis untuk aplikasi Android.

Microsoft belum menjelaskan secara pasti mengapa mereka menghentikan dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android, tetapi tampaknya hal itu disebabkan perubahan fokus perusahaan untuk Windows 11. Microsoft sekarang menekankan fitur AI seperti Copilot daripada kemampuan menjalankan aplikasi Android.

Alasan utama lainnya adalah kemungkinan aplikasi Android di Windows tampaknya tidak menarik banyak pengguna. Berbeda dengan Chromebook, di mana aplikasi Google Play dapat memperluas fungsionalitas perangkat secara signifikan dengan menawarkan kemampuan yang lebih besar di luar aplikasi web.

Microsoft mengumumkan subsistem Windows untuk Android bakal dihilangkan, ini alasannya foto: bluestacks

Jika kamu menggunakan aplikasi Android apa pun di Windows, pilihan terbaik adalah mencari penggantinya sebelum batas waktu 2025. Ini kemungkinan berarti menemukan aplikasi Windows asli atau aplikasi web.

Satu kemungkinan pengecualian adalah game. Meskipun banyak game selular populer memiliki port Windows yang tersedia melalui Microsoft Store, Bluestacks menawarkan kemampuan untuk memainkan game Android di mesin Windows.

(brl/red)