Cara mengaktifkan Microsoft Copilot di Windows 11, bisa tanpa akses

Cara mengaktifkan Microsoft Copilot di Windows 11, bisa tanpa akses

Techno.id - Chatbot AI Microsoft, Copilot kini dirasakan semakin berguna. Apalagi chatbot ini semakin kaya fitur. Karena itu kamu diuntungkan untuk mengaktifkannya di Windows 11.

Sekadar mengingatkan kembali, Copilot adalah nama yang diberikan untuk beberapa chatbot AI Microsoft dan fitur bantuan, seperti Microsoft 365 Copilot, Edge Copilot, dan Windows Copilot.

Platform ini menggunakan OpenAI GPT-4 large language model (LLM) yang memberi pengguna akses ke chatbot yang dapat membantu tugas sehari-hari dalam perangkat lunak yang terintegrasi dengannya.

Saat diaktifkan, Microsoft Copilot di Windows memungkinkan kamu mengobrol dengan chatbot Copilot di panel sisi kanan untuk menemukan jawaban cepat atas pertanyaan atau menjalankan fungsi chatbot biasa, seperti meringkas halaman web Microsoft Edge.

Kamu juga dapat mengarahkannya untuk melakukan tugas umum Windows, seperti mengaktifkan mode gelap atau mengambil tangkapan layar. Daya tarik utama Windows Copilot dibanding chatbot mandiri adalah memiliki akses ke fungsi sistem operasi( OS), yang memungkinkan kamu melakukan tugas Windows dengan mudah karena lebih banyak plugin dan fitur Copilot yang bisa diimplementasikan.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak dapat mengakses Microsoft Copilot. Masalah ini biasanya karena lokasi geografis mereka. Sebab Microsoft belum meluncurkan chatbot AI ini untuk semua orang.

Namun, ada solusinya. Jadi kamu mungkin dapat mengaktifkannya meskipun berada di luar target pasar resmi saat ini. Berikut cara mengaktifkannya di PC Windows 11.

Cara memeriksa apakah kamu mengaktifkan Copilot

Cara mengaktifkan Microsoft Copilot di Windows 11, bisa tanpa akses foto: microsoft

Cara termudah untuk memeriksa apakah kamu sudah mengaktifkan Microsoft Copilot adalah dengan menekan Win + C secara bersamaan di keyboard. Jika Microsoft Copilot diinstal dan diaktifkan, ini akan meluncurkannya. Kamu juga akan melihat ikon Copilot di kanan bawah layar, di sebelah jam dan bagian notifikasi pada bilah alat.

Cara mengaktifkan Copilot di PC Windows 11

Cara mengaktifkan Microsoft Copilot di Windows 11, bisa tanpa akses foto: tangkapan layar copilot.microsoft

Untuk mengaktifkan Windows Copilot di laptop atau desktop PC Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Periksa ketersediaan

Pastikan Windows Copilot tersedia di wilayah kamu karena saat ini sedang dalam pratinjau dan hanya tersedia di pasar tertentu.

2. Perbarui Windows

Pastikan Windows 11 kamu mutakhir dengan pembaruan terbaru untuk memastikan bahwa fitur Copilot disertakan dalam sistem.

3. Menggunakan akun Microsoft

Kamu harus masuk dengan akun Microsoft atau akun Microsoft Entra. Jika kamu menggunakan akun lokal, alihkan ke akun Microsoft.

4. Aktifkan CoPilot

Buka Pengaturan dan buka Personalisasi > Bilah Tugas. Kemudian, alihkan Windows Copilot ke "aktif."

5. Luncurkan Copilot

Klik tombol Copilot baru di bilah tugas, atau tekan + C pada keyboard untuk meluncurkan Copilot di Windows.

Setelah Copilot diluncurkan, kamu dapat mulai berinteraksi dengan mengetikkan kueri atau perintah di panel obrolan yang muncul.

(brl/red)