Microsoft mulai menguji kemampuan Wi-Fi 7 di Windows 11

Microsoft mulai menguji kemampuan Wi-Fi 7 di Windows 11

Techno.id - Microsoft saat ini sedang menguji dukungan Wi-Fi 7 di Windows 11 Insider Preview Build 26063. Rilis ini terbatas pada Saluran Canary, meskipun peluncuran untuk pengguna Saluran Dev dapat dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam beberapa dekade terakhir perangkat komputer menggunakan Wi-Fi 5, tetapi produsen perangkat keras dan ISP sekarang mendorong transisi ke Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E.

Standar konektivitas generasi berikutnya ini menghadirkan kecepatan hingga 9,6 Gbps, peningkatan hampir tiga kali lipat dari kecepatan maksimum Wi-Fi 5. Platform Wi-Fi 6E juga menggunakan pita 6GHz, jalur baru untuk lalu lintas internet yang mengurangi kemacetan jaringan.

Kecepatan internet rumah rata-rata hanya sekitar 224Mbps. Jadi, sangat sedikit rumah yang dapat memanfaatkan sepenuhnya Wi-Fi 6 atau 6E. Tetapi beberapa laptop dan smartphone kelas atas sekarang memiliki konektivitas Wi-Fi 7, yang memberikan throughput teoritis maksimum lebih dari 40Gbps. Namun sebagian besar router Wi-Fi 7 hanya mengiklankan kecepatan nirkabel 19Gbps, meskipun jelas bahwa Wi-Fi 7 benar-benar berlebihan untuk rata-rata orang pada tahun 2024.

Microsoft mulai menguji kemampuan Wi-Fi 7 di Windows 11 foto: microsoft

Namun, sudah ada produk Wi-Fi 7 di pasaran. Beberapa di antaranya adalah laptop Windows 11. Microsoft kini sedang berusaha melayani bisnis dan individu yang menuntut konektivitas Wi-Fi 7. Karena itu Microsoft menguji Wi-Fi 7 di Windows 11.

Peluncuran serupa untuk Windows 10 tampaknya tidak mungkin. Sebab, beberapa rumor tentang Wi-Fi 7 di Windows 10, sebagian positif, namun sebagian lagi sebaliknya. Karena itu produsen tidak akan mengirimkan laptop Windows 10 dengan kartu Wi-Fi 7, dan router Wi-Fi 7 masih akan relatif tidak umum ketika Windows 10 mencapai akhir masa pakainya pada Oktober 2025.

Namun yang perlu dicatat, kamu hanya dapat menguji konektivitas Wi-Fi 7 di Windows 11 Insider Preview Build 26063. Build ini eksklusif untuk Saluran Canary, karena Microsoft saat ini menggunakan Saluran Dev untuk menyiapkan jalur servisnya untuk pembaruan fitur tahunan Windows 11 24H2. Kabarnya pengguna Windows 11 arus utama akan menerima dukungan Wi-Fi 7 akhir tahun ini.

(brl/red)