Kamu dapat menggunakan smartphone Android sebagai webcam di Windows 11, begini caranya

Kamu dapat menggunakan smartphone Android sebagai webcam di Windows 11, begini caranya

Techno.id - Continuity Camera menjadi tambahan yang sangat berguna untuk komputer Mac. Apple bosan dengan semua keluhan pengguna bahwa kamera MacBook tidak cukup bagus, jadi sebagai solusinya, Apple menambahkan kemampuan untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan kamera iPhone sebagai webcam untuk komputer Mac.

Lantas bagaimana dengan perangkat Android? Tampaknya, fitur serupa akan segera bisa dilakukan pada komputer Windows. Sebab, Windows Insiders akan mendapatkan kemampuan untuk menggunakan kamera ponsel Android sebagai webcam sistem di Windows, mirip dengan iPhone dan komputer Mac.

Saat menyambungkan ponsel ke PC, kamu akan melihat opsi untuk menggunakan ponsel cerdas sebagai umpan video di komputer. Kamu dapat beralih antara kamera depan dan belakang, dan dapat menjeda streaming kapan saja.

Kamu juga dapat menggunakan streaming sebagai umpan webcam dalam aplikasi apa pun di komputer Windows, sama seperti menggunakan webcam yang dicolokkan ke PC.

Untuk mengaktifkannya, yang perlu kamu lakukan hanyalah masuk ke aplikasi Pengaturan komputer, masuk ke Bluetooth & perangkat, Perangkat selular, dan centang "Kelola perangkat."

Kamu dapat menggunakan smartphone Android sebagai webcam di Windows 11, begini caranya foto: microsoft

Dari sana, pasangkan ponsel ke komputer, dan kamu akan melihat sakelar yang memungkinkan kamu mengaktifkan berbagi umpan kamera dengan PC. Komputer kamu juga perlu menginstal pembaruan Host Pengalaman Lintas Perangkat agar ini berfungsi dengan benar, tetapi itu harus diunduh dan diinstal sendiri setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas.

Kemampuan ini pertama kali diumumkan selama CES 2024, tetapi tidak jelas pada saat itu apakah akan eksklusif untuk ponsel Samsung dan mungkin laptop Samsung Galaxy Book, atau apakah itu akan tersedia untuk lebih banyak ponsel dan komputer. Namun tidak disebutkan eksklusivitas Samsung dalam posting blog terbaru Microsoft. Kamu hanya memerlukan ponsel dengan Android 9.0 atau yang lebih baru, versi 1.24012 atau yang lebih baru dari Tautan ke aplikasi Windows, dan untuk saat ini versi Insider Windows 11. Fitur ini mungkin diluncurkan untuk semua orang di pembaruan Windows 11 24H2, yang diharapkan tiba pada paruh kedua tahun 2024.

(brl/red)