4 Cara mendapatkan akses gratis Microsoft PowerPoint, jadi gampang bikin presentasi

4 Cara mendapatkan akses gratis Microsoft PowerPoint, jadi gampang bikin presentasi

Techno.id - Setiap kali kamu perlu menyajikan presentasi rencana atau laporan, kemungkinan besar kamu akan menggunakan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini cukup popular karena beragam fiturnya sehingga pembuatan presentasi jadi lebih efektif.

PowerPoint hadir dengan sejumlah pintasan keyboard untuk navigasi yang mudah, subtitle, rekaman video untuk audiens, serta berbagai transisi, animasi, dan desain.

Tetapi fitur-fitur bagus tersebut, harganya cukup mahal. Saat ini, paket pribadi yang mencakup aplikasi Office lainnya berharga USD69,99 per tahun atau sekitar Rp 1.091.547 (dengan asumsi kurs USD1 setara Rp15.595).

Ini mungkin pilihan yang paling hemat anggaran, terutama jika kamu berencana menggunakan aplikasi Microsoft Office lainnya juga. Sayangnya, kamu tidak dapat membeli PowerPoint secara ketengan. Artinya, kamu harus membeli paket Microsoft Office.

Namun ada beberapa solusi yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan akses ke PowerPoint tanpa biaya sama sekali. Begini caranya.

1. Daftar untuk mendapatkan akun Microsoft gratis di situs web Office

4 Cara mendapatkan akses gratis Microsoft PowerPoint, jadi gampang bikin presentasi foto: tangkapan layar/microsoft

Microsoft menawarkan versi PowerPoint berbasis web yang sepenuhnya gratis untuk semua pengguna. Berikut cara mengaksesnya.

1. Kunjungi halaman Microsoft 365.

2. Jika kamu sudah memiliki akun gratis dengan Microsoft, klik Masuk. Jika tidak, tekan "Daftar untuk versi gratis Microsoft 365" untuk membuat akun baru tanpa biaya.

3. Di halaman beranda Office, pilih PowerPoint dari panel samping di sebelah kiri.

4. Klik "Presentasi kosong" untuk membuat presentasi kamu dari awal, atau pilih templat PowerPoint gratis pilihan kamu dari opsi di bagian atas (ada juga sejumlah templat yang dapat diedit yang dapat kamu temukan di situs Microsoft 365 Create).

5. Buat presentasi kamu seperti biasa. Hasil edit kamu akan disimpan secara otomatis ke Microsoft OneDrive selama kamu terhubung ke internet.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun kamu bebas menggunakan PowerPoint versi web ini untuk membuat slide dan mengedit templat, ada fitur tertentu yang tidak dimilikinya yang dapat kamu temukan di versi berbayar.

Misalnya, kamu hanya dapat mengakses beberapa gaya font dan elemen stok seperti gambar, video, ikon, dan stiker. Designer juga tersedia untuk digunakan hingga tiga presentasi per bulan saja. Saat menyajikan, kamu tidak akan menemukan Siaran Langsung Saat Ini dan Selalu Menggunakan opsi Subtitle yang ada dalam paket berbayar. Peringatan terbesar dari versi gratisnya adalah tidak akan mendapatkan fitur yang baru dirilis, tidak seperti versi premiumnya.

2. Instal Microsoft 365 (Office) ke Windows

4 Cara mendapatkan akses gratis Microsoft PowerPoint, jadi gampang bikin presentasi foto: microsoft

Tidak suka mengerjakan presentasi kamu di browser? Jika kamu memiliki komputer Windows dengan aplikasi Office 365 yang telah diinstal sebelumnya atau diunduh dari uji coba Office 365 sebelumnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Microsoft 365 (Office) sebagai gantinya.

Berbeda dengan aplikasi Microsoft individual yang perlu kamu beli dari Microsoft Store, aplikasi ini gratis untuk diunduh dan digunakan. Berikut cara mendapatkan PowerPoint gratis di aplikasi Microsoft 365 (Office).

1. Cari Microsoft 365 (Office) di aplikasi Microsoft Store.

2. Instal dan buka.

3. Masuk dengan akun Microsoft kamu. Atau, tekan "Buat akun gratis" jika kamu belum memilikinya.

4. Klik Buat di panel sisi kiri.

5. Pilih Presentasi.

6. Di jendela PowerPoint yang terbuka, masuk menggunakan akun kamu.

7. Tekan Terima di bagian "Tiket masuk 5 hari gratis". Ini memungkinkan kamu menggunakan PowerPoint (Word dan Excel) selama lima hari-gratis dan tanpa harus memasukkan informasi pembayaran apa pun.

8. Buat presentasi kamu seperti biasa. Saat menggunakan versi desktop, kamu dapat mengakses fitur lengkap PowerPoint, termasuk kemampuan untuk mempresentasikan dalam Teams, mengekspor presentasi sebagai file video, menerjemahkan konten slide ke bahasa lain, dan bahkan bekerja secara offline.

Satu-satunya kelemahan dari metode ini adalah batas waktunya. Setelah lima hari berlalu, kamu tidak dapat lagi membuka aplikasi desktop PowerPoint. Namun, semua file kamu akan tetap dapat diakses. Jika kamu menyimpannya ke OneDrive, kamu dapat melanjutkan mengeditnya di aplikasi web. Jika menyimpannya ke komputer, kamu dapat mengunggahnya ke OneDrive dan mengeditnya dari sana.

(brl/red)