Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google

Techno.id - Setelah perang platform media sosial antara Twitter dengan Threads, tampaknya pertarungan teknologi akan terus berlanjut. Kini di ranah kecerdasan buatan (AI).

Baru-baru ini, perusahaan induk Facebook, Meta meluncurkan sebuah sistem kecerdasan buatan yang diberi nama Llama 2 (Large Language Model Meta AI). Versi sebelumnya yang dikenal sebagai Llama, telah diluncurkan pada Februari 2023, tetapi bocor ke internet sebulan kemudian dan diutak-atik oleh publik sejak saat itu.

Tidak seperti pendahulunya, Llama 2 tersedia secara gratis untuk penelitian dan penggunaan komersial. Karena kemampuannya yang mengesankan, Llama 2 menimbulkan kehebohan di komunitas AI generatif.

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google foto: dataconomy.com

LLaMa 2 pun diklaim dapat menyaingi ChatGPT besutan OpenAI dan Bard milik Google. Apalagi Meta menggunakan pendekatan berbeda, yaitu merilisnya secara gratis karena berbasis open source.

Mark Zuckerberg sebagai pimpinan Meta seperti dilansir metro.co.uk mengatakan, Llama 2 merupakan hasil kolaborasi Meta dengan Microsoft. Lebih lanjut Zuckerberg menyatakan Llama 2 bebas digunakan untuk tujuan penelitian dan komersial, berbeda dengan para pesaingnya.

Sistem AI baru Llama 2 berbeda dengan chatbot lain seperti ChatGPT dari OpenAI dan Bard dari Google yang tidak bersifat open source. Model AI baru ini dapat langsung diunduh atau melalui kemitraan, yang membuatnya tersedia di platform cloud Microsoft, Azure.

(brl/red)