Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google

Llama 2

Tersedia tiga varian

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google foto: ai.meta.com

Model Llama 2 hadir dengan lisensi yang mengizinkan komunitas untuk menggunakan, mereproduksi, mendistribusikan, menyalin, membuat karya turunan, dan melakukan modifikasi terhadap materi Llama yang diterbitkan Meta. Meskipun mungkin tidak memenuhi syarat sebagai lisensi sumber terbuka, lisensi ini mengizinkan penggunaan komersial dengan beberapa batasan.

Model Llama 2 tersedia dalam tiga varian, masing-masing dengan jumlah parameter yang berbeda yakni 7B, 13B, dan 70B. Semakin besar nilai parameter, semakin akurat modelnya. Ukuran parameter yang lebih besar menunjukkan bahwa model ini dilatih dengan jumlah korpora yang banyak, sehingga menghasilkan respons yang lebih akurat dan dapat diandalkan.

Selain itu Llama 2 dilatih dengan campuran data online yang tersedia untuk umum. Selama pelatihan, kata-kata diubah menjadi representasi numerik yang disebut token. LLaMa 2 dilatih dengan 2 triliun token, yang berarti kumpulan data pelatihan yang sangat besar. Semua varian model mendukung ukuran token input sebesar 4K, yang secara kasar diterjemahkan menjadi 3500 kata.

Meta memperkenalkan Llama 2 yang bakal jadi pesaing ChatGPT dan Bard Google foto: unsplash/dima solomin

Nah menariknya, Llama 2 dioptimalkan untuk berjalan secara lokal di Windows dan memberikan alur kerja yang efisien bagi para pengembang saat mereka memberikan pengalaman AI generatif di berbagai platform. Pengembang Windows bahkan dapat menyempurnakan model ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik langsung di PC mereka menggunakan subsistem Windows untuk Linux dan GPU yang kuat.

Meta mengklaim Llama 2 memberikan kinerja dan akurasi terbaik dibanding model open source dan komersial lain. Saat ini Llama 2 menduduki posisi teratas di papan peringkat LLM terbuka yang dikelola Hugging Face.

(brl/red)