Makna tersembunyi di 5 ikon aplikasi iPhone yang wajib kamu ketahui

Makna tersembunyi di 5 ikon aplikasi iPhone yang wajib kamu ketahui

Ikon Apple

3. Ikon senter

Makna tersembunyi di 5 ikon aplikasi iPhone yang wajib kamu ketahui foto: support.apple.com

Ikon aplikasi flashlight di bilah layar kunci dan di pusat kontrol bisa melakukan hal yang cukup fantastis. Warna-warna akan berubah ketika kamu menekan lama ikon flashlight di lock screen untuk menyalakannya. Sakelar pada ikon tersebut akan memindahkan tombol dari posisi mati di bagian bawah ke posisi hidup di bagian atas.

Kamu akan melihat hal yang sama ketika mengetuk kontrol senter di Control Center, tetapi warna putih berubah menjadi biru, bukan hitam. Tekan lama kontrol Senter untuk membuka kontrol kecerahan, dan kamu akan melihat pergerakan tombol on-off dengan lebih jelas.

4. Ikon podcast

Makna tersembunyi di 5 ikon aplikasi iPhone yang wajib kamu ketahui foto: apple.com

Apple tidak menciptakan podcast, tetapi Apple membuat podcast menjadi terkenal. Kata podcast pertama kali digunakan pada tahun 2004 yang merupakan kata serapan dari iPod dan broadcast (siaran).

Sayangnya Apple tidak menambahkan dukungan untuk podcast di iTunes sampai tahun 2005 dan tidak merilis aplikasi Podcast untuk iOS sampai tahun 2012. Namun, ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan pengguna iPod untuk memutar podcast sebelum implementasi resmi Apple.

Saat mendesain ikon aplikasi Podcast, Apple menggunakan huruf i pada iPod untuk menyorotinya sebagai bagian inti dari asal mula istilah tersebut. Huruf kecil i pada desain Apple yang cerdas juga menyerupai bahu dan kepala seseorang, serta mikrofon.

5. Ikon voice memos

Makna tersembunyi di 5 ikon aplikasi iPhone yang wajib kamu ketahui foto: apple.com

Jika kamu mengucapkan Apple di aplikasi Voice Memos, bentuk gelombangnya terlihat seperti ikon aplikasi Voice Memos. Kabarnya itu adalah bentuk gelombang suara mendiang Steve Jobs yang mengatakan Apple untuk menghormatinya setelah dia meninggal.

Ikon bentuk gelombang Voice Memo pertama kali muncul di iOS 7, menggantikan gambar mikrofon yang lama. Ikon ini telah ditingkatkan pada iOS 12, menggantikan tampilan bentuk gelombang hitam-putih dengan bentuk gelombang merah dan putih pada latar belakang hitam dengan penanda playhead biru.

(brl/red)