Canon dikabarkan sedang menyiapkan purwarupa kamera VR 180 dan 360 derajat untuk konten 3D

Canon dikabarkan sedang menyiapkan purwarupa kamera VR 180 dan 360 derajat untuk konten 3D

Techno.id - Canon sudah lama identik dengan dunia fotografi konvensional. Tetapi belakangan perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang ini sedang bersiap mengambil langkah yang lebih pasti ke dalam dunia virtual reality (VR).

Dalam ciutan akun Ichiro Uematsu (@IchiroYqz01403), pada pameran Photo Next 2023 di Jepang baru-baru ini, Canon memamerkan purwarupa kamera konvertibel. Perangkat yang belum disebutkan namanya ini memiliki mekanisme pelipatan yang bagus, yang memungkinkannya menangkap video 360 derajat dan konten 3D 180 derajat.

Seperti dilansir sejumlah situs web, termasuk PetaPixel dan DIY Photography, purwarupa ini lebih dari sekadar kemiripan dengan Insta360 EVO, yang juga memanfaatkan mekanisme pelipatan untuk menawarkan pengambilan gambar 3D 180 derajat. Menurut Pronews, Canon sampai saat ini belum menginformasikan rincian apa pun mengenai spesifikasi, harga atau ketersediaannya.

Canon sebelumnya pernah mencoba VR di mana pada 2021 merilis lensa fisheye ganda untuk sistem kamera mirrorless RF. Kamera yang dipamerkan Canon di Photo Next menampilkan branding V perusahaan, yang biasanya dicadangkan untuk produk yang ditujukan untuk konsumen.

Hal ini menunjukkan bahwa Canon mungkin siap untuk menangani VR dengan lebih serius. Meskipun perusahaan ini terkadang lambat dalam menyikapi teknologi baru, namun Canon tampaknya tidak ingin ketinggalan untuk juga bermain di ranah VR untuk konsumen.

Apalagi setelah Apple baru-baru ini merilis VR buatannya, Canon tampaknya juga akan terjun ke bisnis ini tanpa meninggalkan ciri khasnya sebagai perusahaan yang bergelut di dunia fotografi. Kita tunggu saja gebrakan Canon di kancah perangkat VR.

(brl/red)