Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut

Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut

WiFi generasi terbaru

Kini hadir WiFi generasi terbaru, WiFi 7. Merupakan suksesor dari WiFi 6E, WiFi 7 memberikan beberapa kelebihan. Dilansir dari Wired, setidaknya terdapat tiga kelebihan WiFi 7. Hal tersebut meliputi penggunaan spektrum yang lebih luas, penggunaan Quadrature Amplitude Modulation (metode yang digunakan untuk menyiarkan dan menerima data dalam jaringan radi) yang lebih tinggi dan juga operasi multilink. Lantas, apa perbedaannya dengan WiFi 6 ataupun 6E?

Dilansir dari tp-link.com, WiFi 7 merupakan sebuah teknologi WiFi terbaru. Dikenal dengan nama IEEE 8020 yang akan menjadi sebuah Extremely High Throughput HET. Menurut tp-link, WiFI 7 akan menggunakan seluruh spektrum sinyal mulai dari 2.4, 5, dan juga 6GHz. Penggunaan seluruh spektrum tersebut ditujukan untuk memaksimalkan seluruh sumberdaya yang dimiliki masing-masing spektrum.

Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut foto: msi.com

Dilansir dari intel.com, WiFi 7 akan menggunakan saluran dengan frekuensi 320MHz dan Quadrature Amplitude Modulation (QAM) 4K. Angka frekuensi saluran tersebut dua kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Menurut intel, teknologi tersebut akan membuat WiFi 7 memiliki kecepatan lebih tinggi. Hal tersebut dicapai karena WiFi 7 dapat membawa lebih banyak data pada setiap transmisi.

WiFi 7 pada laptop berpotensi dapat mencapai data rate maksimal hingga 5.8 GBps. Angka tersebut 2.4 kali lebih besar dari WiFi 6E. WiFi 7 menurut intel juga lebih efisien dalam penggunaan spektrum saluran.

Penggunaan Quadrature Amplitude Modulation (QAM) 4K pada WiFi 7 juga akan membuat WiFi 7 lebih baik dari WiFi 6E. Sebagai perbandingan, QAM yang digunakan pada WiFi 6 atau 6E adalah QAM 1K. Pengguna QAM 4K tersebut menjadikan WiFi 7 dapat membawa data dengan lebih banyak dan juga "padat."

Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut foto: msi.com

Kelebihan lain dari WiFi 7 adalah Multi-Link Operations (MLO) yang menjadikan perangkat dengan teknologi WiFi 7 untuk secara simultan menerima dan mengirim data dari berbagai frekuensi dan saluran. Hal ini akan meningkatkan throughput (jumlah data yang dibawa), mengurangi latency, dan juga meningkatkan ketahanan pada penggunaan-penggunaan tertentu.

Dengan kelebihan tersebut, WiFi 7 tentunya akan lebih baik dari WiFi 6 maupun WiFi 6E. WiFi 7 akan menaikkan pengalaman penggunaan dalam beberapa situasi tertentu. Hal tersebut seperti low-latency extended reality (XR), cloud gaming, streaming video hingga resolusi 8K, dan masih banyak lagi.

(brl/red)