Cara mudah buat barcode untuk berbagi koneksi WiFi, nggak usah ribet tulis password lagi

Cara mudah buat barcode untuk berbagi koneksi WiFi, nggak usah ribet tulis password lagi

Techno.id - Wireless Fidelity (WiFi) saat ini menjadi salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan agar orang bisa terkoneksi dengan internet. Meski pada perangkat mobile (smartphone) biasanya terdapat paket jaringan data dari operator selular, namun seringkali pengguna memilih memanfaatkan WiFi agar terhubung.

Alasannya, jaringan WiFi biasanya lebih ngebut dan stabil. Berbeda dengan milik operator selular yang terkadang di suatu daerah kekuatan jaringannya lemot. Ini juga yang menjadi alasan masyarakat memasang WiFi di rumah.

Saat ini, tidak terlalu sulit juga untuk menemukan jaringan WiFi di ruang publik seperti perkantoran atau tempat makan. Tapi ingat, menggunakan WiFi publik juga sangat besar risikonya terhadap pencurian data pribadi.

Nah biasanya untuk terkoneksi dengan internet menggunakan WiFi publik, seseorang harus mengetahui kata sandi (password) WiFi tersebut. Ada kalanya suatu tempat memasang kata sandi. Namun jika di restoran biasanya kita harus menanyakan kata sandi tersebut kepada pramusaji.

Tapi ada kalanya kita justru harus berbagi koneksi internet dengan teman. Nah biasanya teman kita akan menanyakan password WiFi yang kita miliki. Cara paling konvensional untuk berbagi password adalah dengan memberi tahu lewat kontak langsung. Sebetulnya ada cara yang jauh lebih efektif untuk meringkas waktu. Berikut cara mudah membuat barcode untuk konek ke Wifi.

Cara mudah buat barcode untuk berbagi koneksi WiFi, nggak usah ribet tulis password lagi (Foto: Techno.id/Muhammad Ilham Akbar Rukmana)

1. Pergi ke laman qifi.org

2. Ketik dan masukkan username serta password wifimu

3. Barcode telah berhasil dibuat

(brl/red)