Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut

Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut

Techno.id - Selama ini untuk terhubung di dunia internet, kamu harus memiliki jaringan selular atau menggunakan WiFi (Wireless Fidelity). Namun biasanya sih untuk menghemat jaringan data selular, banyak orang mengandalkan WiFi untuk terkoneksi.

Tapi, sebenarnya kamu tahu nggak sih apa itu WiFi dan bagaimana sejarahnya? Dilansir dari watech, cikal bakal WiFi terjadi pada 1971. Saat itu bernama ALOHAnet. Nama itu diambil dari sebuah pulau di kepulauan Hawaii yaitu Aloha.

Kala itu, WiFi digunakan sebagai cara untuk membuat koneksi di pulau Aloha. Menurut watech, teknologi tersebut kemudian dikembangkan AT&T pada 1991 dan diberi nama WaveLAN yang merupakan pendahulu standar IEEE 8020.11. Terdapat miskonsepsi yang menganggap WiFi sebuah nama teknologi. Padahal, WiFi sebenarnya adalah sebuah merk yang merujuk pada standard IEEE 802.11x.

Ini perbedaan kemampuan WiFi 6 dan WiFi 7, kecepatannya lebih ngebut foto: intel.com

WiFi sejatinya teknologi yang digunakan untuk mengakses jaringan internet. WiFi menggunakan jaringan radio untuk menyebarkan jaringan internet. Sinyal radio yang digunakan dalam WiFi sangat beragam. Umumnya, WiFi menggunakan sinyal 2.4, 5, ataupun 6 GHz.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)