Cara melihat dan menyalin kata sandi jaringan Wi-Fi di iPhone dan iPad

Cara melihat dan menyalin kata sandi jaringan Wi-Fi di iPhone dan iPad

Techno.id - Apple iOS 16 dan iPadOS 16 memiliki banyak fitur baru dan berguna, tetapi salah satu tambahan yang paling berguna adalah kemampuan melihat kata sandi jaringan Wi-Fi yang kamu sambungkan di iPhone atau iPad. Ini adalah fitur yang sudah tersedia di Android selama bertahun-tahun, dan jauh lebih fleksibel daripada metode Apple sebelumnya untuk berbagi akses jaringan Wi-Fi.

Sebelum iOS 16, satu-satunya cara untuk berbagi jaringan Wi-Fi adalah dengan menghafal kata sandi atau meletakkan perangkat Apple pengguna di dekat perangkat orang lain untuk membagikannya secara otomatis. Tetapi cara tersebut hanya berfungsi di antara perangkat Apple.

Cara melihat dan menyalin kata sandi jaringan Wi-Fi di iPhone dan iPad (Foto: Freepik.com)

Cara otomatis berbagi kata sandi ini tidak pernah menunjukkan kepada kamu apa kata sandi sebenarnya.Jadi jika kamu ingin menyambungkan Nintendo Switch atau smart TV ke internet dengan cara ini, tidak akan berhasil.

Beruntung, fitur terbaru ini memungkinkan pengguna dengan mudah masuk ke jaringan Wi-Fi dan melihat kata sandi. Kamu dapat menyalin dan menempelkannya ke dalam pesan teks atau email dan dengan mudah membagikannya kepada siapa pun yang membutuhkannya.

Cara melihat kata sandi jaringan Wi-Fi di iOS 16 dan iPadOS 16

Cara melihat dan menyalin kata sandi jaringan Wi-Fi di iPhone dan iPad (Screenshoot Techno.id/Yani Andriyansyah)

Agar cara ini berhasil, kamu harus tersambung ke jaringan Wi-Fi atau pernah tersambung ke jaringan tersebut sebelumnya dan berada cukup dekat dengan router agar jaringan tersebut muncul di pengaturan perangkat kamu. Begini caranya.

1. Buka Wi-Fi

2. Temukan jaringan Wi-Fi yang kamu inginkan kata sandinya dan ketuk ikon informasi biru di sebelah kanan nama jaringan

3. Ketuk Kata Sandi dan gunakan ID Wajah, ID Sentuh, atau masukkan kode sandi untuk melihat kata sandi

4. Terakhir, tekan Salin untuk menyimpan kata sandi ke papan klip

5. Kamu dapat menempelkan (paste) kata sandi jaringan Wi-Fi ke dalam pesan teks atau email untuk membaginya dengan seseorang, atau hanya memberi tahu kata sandi tersebut

(brl/red)