Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password

Passkey

Apa itu Passkey?

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password foto: freepik/rawpixel.com

Passkey adalah cara untuk mengakses akun tanpa menggunakan passwords. Pengguna hanya perlu menggunakan autentikator, perangkat lain yang dimiliki seperti ponsel atau laptop. Autentikator akan memverifikasi identitas pengguna dan mengizinkannya masuk. Cara ini lebih aman dan nyaman daripada menggunakan password.

Ketika menggunakan passkey, sistem akan meminta pengguna mengautentikasi dengan perangkatnya sendiri, bukan dengan akun tertentu yang ingin pengguna jangkau.

Cara ini bisa dengan memasukkan PIN pada ponsel cerdas pengguna atau menggunakan metode biometrik yang berbeda.

Lebih tangguh dan mudah digunakan

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password foto:freepik/smilephotoap

Keuntungan passkey adalah lebih tangguh dibanding kata sandi. Kecuali jika si peretas memiliki autentikator dan kemampuan untuk membukanya, maka mustahil mereka mengakses akun pengguna.

Serangan phishing tidak mungkin lagi dilakukan karena tidak ada passkeys yang bisa dicuri. Passkey juga tidak dapat ditebak atau dipecahkan menggunakan perangkat lunak.

Passkey juga lebih mudah digunakan. Pengguna tidak perlu mengingat banyak kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda. Selain itu menggunakan passkey biasanya lebih cepat.

Saat ini banyak situs web yang membatasi jenis kata sandi yang dapat digunakan. Pengguna biasanya harus menggunakan panjang karakter tertentu atau campuran angka, simbol, dan huruf. Banyak situs web juga mewajibkan penggunaan autentikasi dua faktor.

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password foto:freepik/diloka107

Passkey bertujuan untuk memperbaiki kelemahan kata sandi. Namun bagi kamu yang ingin tetap menggunakan kata sandi, maka harus memastikan kata sandi tersebut cukup kuat untuk diretas.

Gunakan kata sandi yang panjang, berisi huruf, angka, dan karakter acak. Hal ini untuk mencegah peretas memecahkan atau menebak kata sandi. Gunakan kata sandi yang berbeda di semua akun yang kamu miliki. Hal ini untuk mencegah peretasan pada satu akun berdampak pada semua akun kamu. Gunakan autentikasi dua faktor karena ini juga mirip dengan passkeys agar tidak mudah dibobol, ditebak, atau dicuri.

(brl/red)