Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password

Techno.id - Penggunaan kata sandi (password) yang kuat dan unik adalah bagian penting dari keamanan online. Asalkan kekuatannya memadai, passwords dapat menjaga akun pengguna tetap aman.

Namun password tidak ideal untuk semua situasi. Sebab, passwords memiliki kelemahan dan sering kali dapat dimanfaatkan para peretas. Banyak profesional keamanan sekarang merekomendasikan agar pengguna beralih dari password ke passkey (kunci sandi). Passkey dinilai menawarkan keuntungan serupa dengan password tetapi lebih aman.

Mengapa password tidak aman?

Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password foto: freepik/rawpixel.com

Password merupakan konsep keamanan yang memungkinkan pengguna internet menjaga kerahasiaan akun online. Asalkan password hanya diketahui si pemilik akun, maka tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun tersebut. Tetapi password juga memiliki kelemahan.

Password dibuat pengguna dan sering kali dipilih berdasarkan kemudahan penggunaan. Kebanyakan orang memilih password yang terlalu pendek sehingga dapat dibobol menggunakan perangkat lunak. Bisa juga password yang pendek terlalu mudah ditebak oleh peretas.

Tidak jarang pemilik akun menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Cara ini dapat membuat mereka terpapar lebih banyak risiko.

Selain itu password mudah dicuri ketika pengguna mengunjungi halaman web yang berbahaya atau mengirimkan informasi pribadi ke layanan yang disusupi atau tidak aman.

(brl/red)