WhatsApp akan segera mengganti kata sandi dengan passkey, diklaim jauh lebih aman dari aksi phishing

WhatsApp akan segera mengganti kata sandi dengan passkey, diklaim jauh lebih aman dari aksi phishing

Techno.id - Semakin banyak orang yang menggunakan layanan berbasis akun, keamanan kata sandi menjadi semakin penting. Sayangnya, hal ini juga membuat para pelaku kejahatan semakin berupaya meningkatkan aksi phishing mereka secara proporsional. Artinya, masih banyak orang yang mengalami pencurian kata sandi dan akun mereka diretas.

Karena alasan inilah perusahaan-perusahaan teknologi meneliti cara-cara baru untuk mengautentikasi akun layanan tanpa bergantung pada kata sandi yang rentan. Salah satunya WhatsApp, yang berencana akan mengganti format kata sandi.

WhatsApp akan segera mengganti kata sandi dengan passkey, diklaim jauh lebih aman dari aksi phishing foto: unsplash/lukenn sabellano

Dalam pembaruan baru untuk WhatsApp versi Google Play Beta yang dirilis hari ini, layanan ini mulai bereksperimen dengan dukungan kunci sandi (passkey) sebagai pengganti kata sandi konvensional.

Dibanding dengan kata sandi alfanumerik, yang dapat dicuri para pelaku kejahatan siber dengan taktik phishing, kunci sandi menggunakan elemen yang sepenuhnya unik dan tidak dapat disalin, termasuk kode pengenal ponsel pengguna atau wajah dan sidik jari.

(brl/red)