Begini cara memanfaatkan smartwatch untuk diagnosa dini kesehatan mental

Begini cara memanfaatkan smartwatch untuk diagnosa dini kesehatan mental

Techno.id - Kesehatan mental menjadi sorotan masyarakat saat ini. Karena itu banyak dari mereka sudah menyadari betapa pentingnya kesehatan mental yang juga berdampak pada kesehatan fisik.

Karena itu diagnosa dini pada kesehatan mental juga sama pentingnya dengan diagnosa kesehatan fisik. Di era digital, diagnosa dini bisa dilakukan dengan menggunakan Smartwatch. Sebab, data-data yang diberikan smartwatch dapat membantu mendiagnosa kesehatan mental pengguna.

Begini cara memanfaatkan smartwatch untuk diagnosa dini kesehatan mental foto: freepik.com/racool_studio

Awalnya, smartwatch dirancang hanya untuk memantau aktivitas fisik seperti jumlah langkah yang diambil pengguna, kondisi denyut jantung, dan kondisi tidur. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, smartwatch saat ini memiliki kemampuan membantu melacak berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Maklum, perangkat ini dilengkapi berbagai sensor yang memungkinkan untuk mengumpulkan data secara berkelanjutan sepanjang hari. Sensor-sensor ini meliputi pemantauan detak jantung, akselerometer, dan gyroscope. Data yang dikumpulkan sensor-sensor tersebut kemudian diolah menggunakan algoritma cerdas untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan mental pengguna.

Begini cara memanfaatkan smartwatch untuk diagnosa dini kesehatan mental foto: freepik.com/user16766420

Pertama, pemantauan detak jantung dapat memberikan indikasi awal tentang keadaan emosional seseorang. Dalam situasi tertekan atau cemas, detak jantung cenderung meningkat. Dengan memantau detak jantung pengguna secara real-time, smartwatch dapat mendeteksi pola yang tidak biasa atau fluktuasi yang signifikan yang dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan mental.

Magang: Millenia Ramadita

(brl/red)